FOLLOW US:


Tak Cemas, Suzuki Justru 'Senang' Kedua Ridernya Didekati Ducati

13-02-2020 13:10

 | Anindhya Danartikanya

Tak Cemas, Suzuki Justru 'Senang' Kedua Ridernya Didekati Ducati
Alex Rins dan Joan Mir © Suzuki

Bola.net - Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mengaku sama sekali tak cemas melihat kedua ridernya, Alex Rins dan Joan Mir, didekati oleh Ducati, yang sangat gencar mencari rider muda untuk MotoGP 2021. Hal ini disampaikan Brivio kepada Speedweek di Sepang, Malaysia, akhir pekan lalu.

Usai kehilangan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang bakal bertandem di Monster Energy Yamaha, Ducati diketahui mengincar Rins, Mir, dan rider Repsol Honda, Marc Marquez. Tapi Brivio mengaku santai karena sudah bicara dengan Rins dan Mir sejak akhir tahun lalu.

"Kami sudah bicara dengan mereka sejak lama, dan kami cukup santai soal ini, setidaknya untuk sekarang. Kami belum tanda tangan apa pun, tapi sudah jelas Alex dan Joan ingin lanjut dengan Suzuki, dan kami juga bakal sangat senang jika mereka mau lanjut," ujar Brivio.

1 dari 2

Maklumi Rins-Mir Jadi 'Atraktif'

Suzuki, yang dikenal suka menjalankan proyek MotoGP-nya dengan rider muda, mendatangkan Rins pada 2017 lalu untuk menggantikan Vinales yang hengkang ke Yamaha. Pada awal 2019, Mir pun menyusul untuk jadi pengganti Andrea Iannone.

Brivio pun mengaku malah senang melihat Ducati sangat menginginkan Rins dan Mir. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa Suzuki telah memilih talenta yang tepat untuk proyeknya dan telah mengembangkan kemampuan keduanya dengan baik.

"Bisa dibilang saya cukup senang kedua rider kami sangat atraktif di 'pasar' MotoGP saat ini, karena itu berarti kami bekerja dengan baik. Sejauh ini, kami sangat ingin mempertahankan mereka," ungkap pria yang juga eks manajer tim Yamaha Factory Racing ini.

2 dari 2

Situasi yang Wajar-Wajar Saja

Di lain sisi, Brivio menyebut bahwa negosiasi antara tim dan pebalap pada masa-masa sekarang memang sudah jadi prosedur normal di MotoGP. Mengingat Rins dan Mir telah bersedia bertahan di Suzuki, meski belum tanda tangan kontrak, Suzuki pun santai saja.

"Sangat normal jika semua orang saling bicara pada suatu waktu. Ada juga manajer rider lain yang datang bertanya soal situasi Suzuki. Mungkin juga ada pabrikan yang menghubungi rider lain. Saya rasa ini wajar. Tapi seperti yang saya bilang, semoga mereka tak serius," pungkasnya.

Rins dan Mir, serta pebalap MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim kedua di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22-24 Februari mendatang.