FOLLOW US:


3 Bintang Jebolan Piala Dunia U-20 Edisi 2019

26-10-2019 13:01

 | Gia Yuda Pradana

3 Bintang Jebolan Piala Dunia U-20 Edisi 2019
Erling Haaland © AP Photo

Bola.net - Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Sebelum itu, mari kita tengok sebentar ke edisi sebelumnya.

Piala Dunia U-20 merupakan salah satu jalan bagi para pemain muda untuk berkarier di level senior. Sejumlah bintang, seperti Diego Maradona, Paul Pogba, Sergio Aguero, sampai Lionel Messi, pernah mentas di ajang ini.

Tahun 2019 ini, Piala Dunia U-20 digelar di Polandia. Ukraina keluar sebagai juara setelah mengandaskan Korea Selatan 3-1.

Beberapa nama jebolan Piala Dunia U-20 2019 pun kini sudah mentas di level senior. Salah satunya bahkan sedang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Champions.

Siapakah dia? Berikut daftar tiga jebolan Piala Dunia U-20 2019 yang kini menjadi bintang.

1 dari 3

Erling Braut Haaland (Norwegia)

Erling Braut Haaland (Norwegia)
Erling Braut Haaland © AP Photo

Erling Braut Haland sudah menunjukan bakatnya sebagai salah satu bomber tajam di Piala Dunia U-20. Mencetak sembilan gol, Haland menyabet penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak.

Bakatnya pun tercium oleh klub Austria, RB Salzburg. Bomber yang kini berusia 19 tahun itu lalu dikontrak Salzburg untuk durasi lima tahun.

Keputusan Salzburg mengontrak Haland tak salah. Hingga matchday ketiga, Haland sukses memuncaki daftar pencetak gol Liga Champions dengan enam gol.

Salah satu klub yang gawangnya dibobol Haland adalah sang juara bertahan, Liverpool. Sayang, Salzburg harus menyerah 3-4.

2 dari 3

Lee Kang-in

Lee Kang-in
Lee Kang-In © La Liga

Korea Selatan memang gagal menjadi juara di Piala Dunia U-20. Namun ajang itu sukses mengorbitkan nama Lee Kang-in ke pentas sepak bola dunia.

Lee sukses meraih penghargaan pemain terbaik di Piala Dunia U-20 2019. Kesuksesan itu membuat Valencia mempertahankannya di skuat utama.

Di musim ini, dia telah mencetak satu gol dari delapan penampilan. Bersama El Che, Lee diikat kontrak hingga Juni 2022.

Lee juga masuk ke dalam buku sejarah sepak bola Korea Selatan. Ya, ia adalah pemain termuda Korsel yang pernah debut di Liga Champions di usia 18 tahun 6 bulan.

3 dari 3

Andriy Lunin

Andriy Lunin
Andriy Lunin © Real Madrid

Andriy Lunin juga memetik berkah dari keikutsertaan di Piala Dunia U-20. Sukses mengantar Ukraina juara, Lunin juga meraih penghargaan sarung tangan emas sebagai kiper terbaik.

Prestasi itu membuat Lunin sempat dipanggil ke tim senior untuk ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tak hanya itu, sejumlah klub juga tertarik untuk mendatangkannya.

Saat mengikuti Piala Dunia U-20, Lunin tercatat sebagai pemain Real Madrid. Namun minimnya kesempatan bermain membuat ia memilih dipinjamkan ke Real Valladolid.

Disadur dari: Liputan6.com/Penulis Lutfhie Febriyanto/Editor Harley Ikhsan

Published: 24 Oktober 2019