5 Pemain Kunci Kroasia yang Bisa Bungkam Brasil di 8 Besar Piala Dunia 2022: Gvardiol Lawannya Neymar!

Asad Arifin | 9 Desember 2022 09:20
5 Pemain Kunci Kroasia yang Bisa Bungkam Brasil di 8 Besar Piala Dunia 2022: Gvardiol Lawannya Neymar!
Starting XI Timnas Kroasia ketika menghadapi Jepang di 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (c) AP Photo/Eugene Hoshiko

Bola.net - Timnas Kroasia berhadapan dengan Timnas Brasil pada babak 8 Besar Piala Dunia 2022, Jumat 9 Desember 2022. Laga antara Kroasia vs Brasil akan dimainkan di Stadion Education City mulai pukul 22.00 WIB, live di SCTV, Indosiar dan Nex Parabola.

Kroasia lolos ke babak 8 Besar usai menang atas Jepang pada babak sebelumnya. Vatreni mengalahkan Jepang yang tampil sangat mengejutkan pada fase grup, dengan mengalahkan Spanyol dan Jepang. Kroasia menang adu penalti.

Sementara, Brasil adalah unggulan utama di Piala Dunia 2022. Brasil menang atas Korea Selatan dengan skor 4-1 pada babak 16 Besar. Brasil memang kalah dari Kamerun pada fase grup. Namun, Brasil mungkin 'sengaja' kalah dengan menyimpan banyak pemain inti.

Kroasia punya kapasitas untuk memupus asa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2022. Kroasia punya beberapa pemain kunci yang akan memainkan peran krusial. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Josip Juranovic

Josip Juranovic

Bek kanan Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022: Josip Juranovic (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Juranovic adalah pemain yang spesial. Dia bisa bermain untuk peran bek kanan maupun bek kiri. Namun, di Piala Dunia 2022, pemain asal klub Celtic itu memainkan peran bek kanan dengan sangat baik.

Juranovic tampil begitu sejak fase grup. Dia sudah teruji. Juranovic sudah pernah berhadapan dengan Sofiane Boufal, Alphonso Davies, Yannick Carrasco, Eden Hazard, hingga Daichi Kamada di babak sebelumnya.

Pada babak 8 Besar nanti, Juranovic akan berjumpa Vinicius Junior. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Namun, Juranovic punya kualitas dan kapasitas untuk membatasi pergerakan winger Brasil tersebut.

2 dari 5 halaman

Dominik Livakovic

Dominik Livakovic

Aksi penyelamatan Dominik Livakovic di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Livakovic adalah pilihan utama Zlatko Dalic di bawah mistar. Kiper 27 tahun pun menunjukkan performa yang luar biasa. Livakovic, hingga laga 16 Besar, baru kebobolan dua gol. Dia membuat dua kali nirbobol.

Performa gemilang ditunjukkan Livakovic pada babak 16 Besar. Pada fase adu penalti, Livakovic hanya kebobolan satu gol dari empat eksekusi penalti yang dilepas pemain Jepang.

Dari empat laga Piala Dunia 2022, Livakovic telah membuat delapan kali penyelamatan. Catatan itu tidak termasuk aksi heroik ketika menggagalkan tiga eksekutor penalti Jepang. Jadi, andai Brasil mendapat penalti, Neymar harus siap penaltinya ditepis Livakovic.

3 dari 5 halaman

Luka Modric

Luka Modric

Piala Dunia 2022: Gelandang dan kapten Timnas Kroasia, Luka Modric (c) AP Photo/Francisco Seco

Tentu saja, Luka Modric. Sang veteran masih akan menjadi andalan Kroasia untuk menyingkirkan Brasil dari Piala Dunia 2022. Modric bakal sangat menentukan langkah Kroasia, gugur atau lanjut ke semifinal.

Zlatko Dalic selalu memainkan Luka Modric sejak fase grup. Selalu menjadi starting XI. Modric belum mencetak gol. Juga belum membuat assist. Namun, jangan pernah ragu pada kontribusinya.

Di laga melawan Brasil, Modric bakal banyak berduet dengan Casemiro. Mereka bermain bersama untuk waktu yang lama di Real Madrid. Selain itu, Modric juga berhadapan dengan Vinicius yang menjadi rekan kerjanya di Madrid.

4 dari 5 halaman

Ivan Perisic

Ivan Perisic

Selebrasi Ivan Perisic usai cetak gol di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

Perisic menjadi pemain sangat penting bagi Kroasia. Dia memainkan peran yang sama sekali berbeda dengan di klub, baik saat di Inter Milan maupun Tottenham. Perisic bermain sebagai winger, bukan wingback.

Ini adalah posisi natural Perisic. Jauh sebelum Antonio Conte mengubahnya menjadi wingback, Perisic punya reputasi yang bagus sebagai winger.

Perisic telah mencetak dua assist dan satu gol di Piala Dunia 2022. Pelatih Zlatko Dalic selalu memainkan Perisic sejak menit awal. Perisic hanya sekali tak bermain penuh, ketika Kroasia menang 4-1 atas Kanada di fase grup.

5 dari 5 halaman

Josko Gvardiol

Josko Gvardiol

Bek tengan Kroasia di Piala Dunia 2022, Josko Gvardiol, pada sesi latihan (c) AP Photo/Darko Bandic

Gvardiol menjadi pemain penting lain di balik kokohnya pertahanan Gvardiol. Bek berusia 20 tahun sudah teruji secara kualitas. Dia sudah berhadapan dengan para penyerang top sejak fase grup.

Gvardiol mampu membuat Romelu Lukaku tak berkutik. Lalu, pada babak 16 Besar, pemain RB Leipzig itu memastikan tak ada lagi kejutan yang dihadirkan Ritsu Doan atau Takuma Asano.

Gvardiol akan menjadi lawan sepakan bagi Neymar. Dia bisa membuat motor serangan Brasil itu kesulitan mendapat ruang di kotak penalti. Nah, jika mampu membuat Brasil angkat koper dari Qatar, Gvardiol harus siap dengan ponsel yang tidak akan berhenti berbunyi di bursa transfer Januari 2023 nanti.

Sumber: Bola

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR