FOLLOW US:


Bos Celtic: Van Dijk Lebih Pantas Menang Ketimbang Messi

25-09-2019 00:51

 | Dimas Ardi Prasetya

Bos Celtic: Van Dijk Lebih Pantas Menang Ketimbang Messi
Virgil Van Dijk bersama partnernya Like Nooitgedagt saat menghadiri seremoni Best FIFA Awards di Milan, Senin (23/09/2019). © AP Photo

Bola.net - Manajer Glasgow Celtic Neil Lennon mengklaim Virgil Van Dijk harusnya terpilih sebagai Pemain Terbaik FIFA 2019 dan bukannya Lionel Messi.

Van Dijk tampil istimewa bersama Liverpool pada musim 2018-19 kemarin. Ia membawa The Reds menjadi runner-up Premier League.

Ia pun terpilih sebagai pemain terbaik Premier League. Selain itu, bek asal Belanda ini juga membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions.

Van Dijk juga sukses bersama skuat Oranje. Ia membawa timnya menembus final UEFA Nations League.

Van Dijk kemudian terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA 2018-19. Namun ia kemudian kalah dari Messi di penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019.

1 dari 2

Alasan Pilih Van Dijk

Messi jadi pemenang dengan raihan 46 poin. Sementara itu Van Dijk di posisi kedua dengan raihan 38 poin.

Lennon, yang pernah melatih Van Dijk di Celtic, tak terima dengan hasil tersebut. Ia menyebut pemain 27 tahun itu lebih berhak memenangi penghargaan tersebut.

"Messi adalah Messi dan, jika Anda melihat angka-angkanya, kita mungkin menerima begitu saja apa yang ia lakukan karena dia melakukannya dengan sangat baik secara teratur," ucapnya pada Sky Sports.

"Tapi saya pikir Virgil adalah pemain yang luar biasa di sepak bola domestik dan Eropa tahun ini dan ia pantas memenangkannya. Saya kecewa untuknya," tegas Lennon.

2 dari 2

Faktor Bek

Faktor Bek
Pemenang Pemain Terbaik Pria FIFA 2019, Lionel Messi © AP Photo

FIFA sudah lama tidak memenangkan seorang defender untuk menerima penghargaan pemain terbaik itu. Defender yang terakhir kali memenangkannya adalah Fabio Cannavaro, pada tahun 2006 silam.

Lennon kemudian ditanya apakah fakta bahwa Van Dijk adalah seorang bek yang menghalanginya untuk memenangi penghargaan itu. Ia menjawab: "Mungkin."

"Kita berada di era (Cristiano) Ronaldo dan Messi. Kita beruntung memiliki mereka dan kita harus menikmatinya. Luar biasa termasuk pernyataan yang meremehkan jika menyangkut soal kedua pemain itu," ujarnya.

"Tapi saya merasa bahwa sebagai seorang bek tengah ia sangat luar biasa dalam setiap aspek permainannya," puji Lennon.

Virgil Van Dijk memang gagal memenangi penghargaan tersebut. Akan tetapi ia disebut masih berpeluang untuk memenangi trofi Ballon d'Or.

(Sky Sports)