FOLLOW US:


Hitzfeld: Hadiah Tiga Poin Yang Tak Terduga

17-06-2010 06:00

 | Gelson Fernandes

Ottmar Hitzfeld (c)AFP
Ottmar Hitzfeld (c)AFP

Bola.net - Swiss berhasil mencatat kemenangan bersejarah kala melibas favorit juara Spanyol 1-0 kemarin, dan pelatih Ottmar Hirzfeld menyebut kemenangan itu sebagai 'hadiah' tiga poin yang amat berharga.

Gelandang Swiss, Gelson Fernandes mencetak gol semata wayang pada laga tersebut, meneruskan bola liar dari tackle kiper Spanyol Iker Casillas pada Eren Derdiyok di menit 52.

Skuad Spanyol sejatinya mendominasi jalannya pertandingan dengan 63% penguasaan bola namun Hizfeld mengatakan kalau timnya telah sukses menerapkan strategi mereka, membangun pertahanan kokoh layaknya sebuah benteng ditopang permainan gemilang kiper Diego Benaglio.

"Tujuan kami hari ini adalah memiliki dua barisan pemain yang kompak, dengan dua pemain di lini depan," ujar Hitzfeld, salah satu pelatih yang berhasil memenangi gelar Liga Champions dengan dua klub berbeda kala membesut Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

"Saya katakan pada mereka untuk tak membuang energi merebut bola, namun fokus pada pertahanan dan menunggu untuk melakukan serangan balik. Jika Anda memainkan sepak bola menyerang melawan Spanyol, Anda akan kebobolan gol demi gol."

"Kami bermain dengan terorganisir. Tak banyak peluang di babak pertama, pun tak ada kesempatan emas di kotak penalti kami dan itu memberikan kami kepercayaan diri."

"Di babak kedua, Spanyol melancarkan serangan demi serangan. Kami tahu kalau kami harus sedikit membuka pertahanan mereka dan kami paham kalau kami memiliki peluang untuk sebuah serangan balik. Kami juga tahu kalau tak bakal banyak peluang seperti itu," imbuh Hitzfeld.

"Sungguh luar biasa memulai turnamen dengan tiga poin yang tak terduga melawan salah satu penantang gelar juara. Saya sungguh senang melihat performa yang begitu kuat, saya merasakan kepuasan yang sangat besar."

"Ini awal yang sempurna dan betul-betul kami butuhkan. Kami sekarang akan menyongong laga melawan Chile dengan mantap dan kepercayaan diri yang besar, hal yang akan kami perlukan untuk mengatasi tantangan yang lebih besar di depan."

Hitzfeld juga menyatakan kalau saat ini mereka ingin merasakan sejenak nikmatnya kemenangan pertama atas Spanyol dalam 19 laga dan selama 85 tahun sejarah pertemuan mereka.

"Saya paham betul kalau kami telah membuat sejarah dan ini akan tercatat dalam buku sejarah sebagai saat pertama Swiss mengalahkan Spanyol, namun selalu ada kali pertama untuk segala hal," lanjut Hitzfeld.

"Ini adalah hadiah yang dengan senang hati kami terima. Dan sekarang kami tinggal mempertahankan fokus. Pertama, kami akan merayakan kemenangan dalam sebuah laga penting kemudian kami akan berusaha memastikan langkah melawan Chile serta merebut tempat di babak 16 besar." (afp/row)


Komentar Pembaca (1 komentar)
Si Kancil, Hutan
12:49 17 Juni 2010
Swiss kau beruntung dengan Pelatih Hitzfeld. karena dia adalah pelatih terbaik dunia.. dan kau pun merasakan.. Kekuatan mu bertambah berkat asuhan Pelatih Hitzfeld..

Bravo Swiss.. Ku dukungkung Kau untuk jadi Juara Grup H. dan melaju ke Babak 16 besar..