FOLLOW US:


Messi Raih FIFA Ballon d'Or 2012

08-01-2013 02:01

 | Lionel Messi

Messi Raih FIFA Ballon d'Or 2012
Messi dengan trofi Ballon d'Or keempatnya. AFP

Bola.net - Lionel Messi meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or 2012. Kesuksesan yang membuat sang bintang Barcelona dan Argentina memecahkan rekor tiga legenda sepak bola.

Dalam FIFA Ballon d'Or gala yang digelar di Zurich, Selasa (08/1), Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2012, mengalahkan dua kandidat lainnya, Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta. Messi, yang sudah memenangi tiga edisi terakhir secara beruntun, kembali terpilih sebagai yang terbaik tahun ini.

Messi pun sukses melewati rekor tiga Ballon d'Or Michel Platini (1983, 1984, 1985), Marco Van Basten (1988, 1989, 1992) serta Johan Cruyff (1971, 1973, 1974). Yang paling penting, kini Messi tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang meraih empat Ballon d'Or secara berturut-turut.

Messi, Ronaldo dan Iniesta merupakan tiga finalis tahun ini. Mereka terpilih jadi finalis dengan berbagai pertimbangan.

Meski Barcelona tidak meraih trofi prestisius di tahun 2012 selain Copa del Rey, Messi terus berkembang. Bintang Argentina itu tak henti mencetak gol dan memecahkan rekor. Messi adalah top scorer La Liga 2011/12 dengan 50 golnya. Dia juga memecahkan rekor Gerd Muller berkat 91 golnya sepanjang tahun 2012. Di level timnas, Messi tampil impresif dan membantu Argentina mendominasi kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan.

Tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa bagi Ronaldo. Dia berperan besar membawa Portugal ke semifinal Euro 2012. Bersama Real Madrid, dia mencetak 46 gol di La Liga dan membantu mereka meraih mahkota juara. Dia juga merupakan salah satu pemain kunci Los Merengues melaju hingga semifinal Liga Champions.

Iniesta adalah maetro di lini tengah Barcelona dan Spanyol. Bersama La Furia Roja, dia memenangi gelar Piala Eropa keduanya di Euro 2012 lalu. Dalam kejuaraan itu, Iniesta dinobatkan sebagai pemain terbaik, tidak hanya di partai final, tapi juga sepanjang turnamen.

Melihat kualitas tiga finalis ini, pasti tak mudah memilih pemenangnya. Melalui pemilihan yang melibatkan para pelatih dan kapten tim nasional serta jurnalis dari seluruh penjuru dunia, akhirnya nama Messi muncul sebagai yang terdepan.

Messi tak hanya meruntuhkan rekor tiga legenda, tapi dia juga telah menciptakan sejarah sendiri dengan menjadi pemain pertama yang memenangi empat Ballon d'Or dalam kariernya yang fenomenal. (bola/gia)