FOLLOW US:


Review: Pukulan Bagi Sang Favorit

16-06-2010 23:00

 | Gelson Fernandes

Review: Pukulan Bagi Sang Favorit
Gelson Fernandes tentukan kemenangan Swiss ©AFP

Bola.net - Berstatus sebagai favorit juara, Spanyol mendapat pukulan telak ketika mereka ditaklukkan tim kuda hitam Swiss dengan skor tipis 1-0 pada laga kedua Grup H di Durban Stadium, RAbu (16/6) malam.

Spanyol mendominasi permainan sejak menit awal dan menekan Swiss di areanya sendiri, namun Swiss memperagakan permainan efektif dengan pressure ketat dibumbui tackle keras untuk mengimbangi kekuatan Spanyol.

Usaha Swiss mematikan lini tengah Spanyol dengan mengawasi ketat pergerakan motor La Furia Roja, Xavi dan Andres Iniesta, cukup berhasil. Dan meski bermain lebih superior dalam penguasaan bola, Spanyol tak mampu menembus ketatnya pertahanan yang dibangun Swiss.

Peluang terbaik Spanyol baru didapat di pertengahan babak pertama kala tembakan jarak dekat Gerard Pique menerima umpan Iniesta bisa digagalkan kiper Swiss, Diego Benaglio yang bermain gemilang. Sementara satu-satunya peluang Swiss diperoleh di menit 26 ketika tendangan bebas Reto Ziegler bisa ditepis Iker Casillas.

Dominasi Spanyol di babak pertama tak dibarengi dengan penyelesaian akhir yang sempurna sehingga memasuki turun minum, kedua tim harus puas dengan hasil imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Spanyol tetap tak menurunkan tempo permainan dan kembali mereka mengancam gawang Benaglio lewat tendangan keras Xabi Alonso yang masih melayang tinggi di atas mistar gawang Swiss, dan beberapa menit berselang giliran tembakan David Silva yang melenceng dari gawang lawan.

Kegagalan Spanyol memanfaatkan peluang mereka harus dibayar mahal ketika di menit 52 serangan balik Swiss memporak-porandakan pertahanan Spanyol.

Eren Derdiyok yang membawa bola menusuk ke kotak penalti disapu oleh Casillas, namun bola jatuh di kaki Gelson Fernandes yang melepas tembakan ke arah gawang. Pique berhasil membendung serangan itu, namun bola kembali pada Fernandes yang sukses menyarangkan bola ke gawang Spanyol meski berusaha dijegal oleh Casillas.


Gol Gelson Fernandes ke gawang Spanyol (c)AFP


Spanyol yang tersentak oleh gol tersebut segera meningkatkan tempo dan berkali-kali melancarkan serangan ke jantung pertahanan Swiss, namun kembali buruknya penyelesaian akhir membuat mereka gagal membobol gawang Benaglio.

Peluang terbaik Spanyol datang di menit 70 ketika berawal dari sepak pojok, Xabi Alonso menerima bola di luar kotak penalti dan melepas tembakan keras namun bola masih membentur mistar gawang Benaglio.

Swiss pun mencatat peluang emas untuk menambah keunggulan di menit 74 ketika lewat serangan balik, kembali mereka menerobos ke kotak penalti dan Derdiyok berhasil melewati penjagaan dua bek Spanyol sebelum melepas tembakan dari jarak dekat, sayang bola cuma membentur tiang dekat gawang Casillas.

Spanyol terus melakukan tekanan bertubi-tubi namun hingga peluit panjang ditiup wasit, Swiss berhasil bertahan dari gempuran Spanyol dan meraih kemenangan historis di ajang Piala Dunia.    (bola/row)


Komentar Pembaca (33 komentar)
andi, yogyakarta
11:42 26 Juni 2012
SPANYOL TIDAK AKAN MENANG EURO, TAPI SCHWEINSTEIGER DKK, YG AKAN JUARA!!!!
deidara, papua
12:55 18 Juni 2010
harusnya spanyol bisa menang .tapi knapa fabergas gak dimainin,malah SERGIO BUSQUEST yang dimainin.padahal BUSQUEST kan gak bisa apa apa
bebz, manado
09:14 18 Juni 2010
apa pun yang terjadi engkau tetap di hatiku,,,,,spanyol
ryza, sby
08:35 18 Juni 2010
barang siapa diawal prtandinganya kalah dia tidak akan bisa juara dunia...
capitano, lahat
21:38 17 Juni 2010
spanyol hnya kurang brntung....tp akhrnya nnti ttep juara