Sikut Salah Satu Wasit di Laga Ghana vs Uruguay di Piala Dunia 2022, Gimenez Terancam Sanksi 15 Laga!

Dimas Ardi Prasetya | 6 Desember 2022 19:31
Sikut Salah Satu Wasit di Laga Ghana vs Uruguay di Piala Dunia 2022, Gimenez Terancam Sanksi 15 Laga!
Bek Timnas Uruguay, Jose Gimenez (kiri) memprotes keras keputusan wasit Daniel Siebert usai laga lawan Ghana di matchday 3 Grup H Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Jumat (02/12/2022). (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Bola.net - Bek Timnas Uruguay, Jose Gimenez, dilaporkan terancam sanksi larangan bermain dalam 15 pertandingan setelah ia tampak menyikut seorang wasit usai laga lawan Ghana.

Uruguay duel lawan Ghana di matchday 3 Grup H Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Jumat (02/12/2022) lalu. Tim asuhan Diego Alonso itu ditarget untuk menang di laga tersebut.

Mereka harus menang agar bisa menjaga kans lolos ke babak 16 besar. Sebab di dua laga pertama mereka cuma meraih satu angka saja.

Uruguay memang akhirnya menang 2-0 atas Ghana. Tapi mereka gagal melaju ke babak 16 besar karena Korea Selatan menang atas Portugal.

1 dari 4 halaman

Alasan Uruguay tak Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Jumlah poin Uruguay sendiri akhirnya sama dengan Korea Selatan. Keduanya sama-sama mengoleksi empat angka.

Selisih gol mereka juga sama yakni 0 alias nol. Namun Korea Selatan berhak lolos ke babak 16 besar karena unggul agresivitas gol.

Korsel mencetak empat gol meski kebobolan empat gol. Sementara Uruguay cuma mencetak dua gol dan kebobolan dua gol.

Jika saja saat itu Uruguay bisa mencetak satu gol saja, maka mereka lah yang bisa lolos. Sebab mereka akan punya keunggulan selisih gol atas Korea Selatan.

2 dari 4 halaman

Amukan Gimenez Pada Wasit

Laga Uruguay lawan Ghana ini sendiri diwarnai oleh kontroversi. Sebab wasit Daniel Siebert asal Jerman diklaim membuat keputusan yang keliru jelang laga berakhir.

Pada satu titik, Edinson Cavani sempat dijatuhkan oleh bek Ghana di kotak terlarang. Wasit sempat melihat ulang via VAR tapi akhirnya memutuskan tetap tak ada pelanggaran yang terjadi.

Para pemain Uruguay sendiri bersikeras bahwa tekel pemain Ghana sama sekali tak menyentuh bola. Akhirnya setelah tahu bahwa mereka tak lolos ke babak 16 besar karena masalah agresivitas gol, skuad La Celeste pun emosi jiwa.

Termasuk Jose Gimenez. Menurut laporan dari Mundo Deportivo, Gimenez dikabarkan menyikut bagian belakang kepala salah satu wasit saat mencoba melakukan protes pada Siebert usai laga berakhir.

Gimenez juga mengucapkan kata-kata kasar di depan kamera televisi terdekat usai laga berakhir. "Mereka [para wasit] semuanya adalah sekelompok pencuri, bajingan-bajingan ini," gerutunya.

"Ya, rekam aku. Bajingan," ketusnya.

3 dari 4 halaman

Sanksi 15 Laga Pada Gimenez

Aksi Jose Gimenez itu tentu saja sangat tidak terpuji. Ia kemungkinan besar akan mendapat sanksi berat.

Menurut laporan tersebut, Gimenez mungkin akan mendapat larangan bermain sebanyak 15 kali! Namun tak jelas apakah sanksi ini berlaku di level internasional bersama Timnas Uruguay atau juga di level klub.

Jika sanksi itu termasuk di level klub, maka Atletico Madrid akan meradang. Sebab sekarang ini mereka tertinggal 13 angka dari pemuncak klasemen La Liga, Barcelona.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR