Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang Euro 2020

Afdholud Dzikry | 11 Juni 2021 23:37
Trofi Euro 2020 (c) uefa

Bola.net - Kejuaraan sepak bola antar negara di Benua Eropa, Euro 2020 segera bergulir. Kompetisi ini akan diikuti oleh 24 negara yang akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Benua Biru.

Pertandingan antara Turki vs Italia akan menjadi partai pembuka kejuaraan empat tahunan ini. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/06/2021) pukul 02.00 dini hari WIB.

Sempat tertunda setahun akibat pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai penjuru dunia, gelaran Euro 2020 menghadirkan banyak hal-hal baru dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Apa saja hal-hal baru yang harus kamu ketahui pada gelaran Euro tahun ini. Scroll ke bawah untuk ulasan lengkapnya ya Bolaneters

1 dari 4 halaman

Berlangsung di 11 Negara

Euro 2020 digelar di 11 negara berbeda yang tersebar di Eropa Barat hingga Eropa Timur. Mulai dari Inggris, Rusia, Azerbaijan, Jerman, Italia, Belanda, Rumania, Hungaria, Denmark, Skotlandia hingga Spanyol.

Masing-masing dari enam grup akan memainkan pertandingan di dua lokasi, sementara babak 16 besar akan dihelat di 7 kota. Partai perempat final akan digelar di 3 kota, dan laga puncak akan berlangsung di Wembley, Inggris.

Untuk formatnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dua tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke babak 16 besar, ditambah empat tim terbaik yang menempati peringkat ketiga. Begitu pun pada babak selanjutnya.

2 dari 4 halaman

Diikuti Tim Terbaik di Dunia

Kejuaraan ini akan berlangsung sengit karena diikuti negara dengan tim sepak bola terbaik di dunia. Bahkan,empat tim yang akan bersaing pada kompetisi ini menempati lima teratas peringkat dunia FIFA.

Sebut saja Belgia yang menempati peringkat pertama, disusul Prancis yang menjadi kampiun Piala Dunia 2018 dan menempati peringkat kedua FIFA. Kemudian Inggris di peringkat keempat, dan juara bertahan Euro 2016, Portugal yang menempati rangking kelima FIFA.

3 dari 4 halaman

Jumlah Penonton Menyesuaikan

Atmosfer di stadion pada kejuaraan Euro 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, jumlah penonton yang hadir ke stadion tidak akan sebanyak edisi yang lalu karena pandemi Covid-19 dan menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing penyelenggara.

Puskas Arena yang berada di Budapest, Hungaria menjadi satu-satunya venue yang akan bisa dihadiri penonton hampir penuh dari kapasitas yang ada. Disusul Stadion Olimpic, Baku dan Parken, Kompenhagen yang akan memberikan setengahnya.

Sementara, venue di 9 negara lainnya kemungkinan hanya akan diisi 20 sampai 25 persen dari kapasitas stadion.

4 dari 4 halaman

Euro Edisi Terakhir untuk Cristiano Ronaldo?

Euro 2020 bisa jadi merupakan edisi terakhir Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal. Mengingat usianya sudah memasuki 36 tahun, artinya pada Euro selanjutnya, Ronaldo sudah berusia 40 tahun.

Musim ini, Ronaldo akan memimpin timnas Portugal untuk mempertahankan gelar yang berhasil diraih lima tahun lalu. Sekaligus membuatnya semakin mengukuhkan sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR