FOLLOW US:


Marcelino Martinez, Sang Pahlawan Menit Akhir Spanyol

05-04-2016 14:47
Marcelino Martinez, Sang Pahlawan Menit Akhir Spanyol
Marcelino Martinez © Ist

Bola.net - Di Timnas Spanyol, ada sebuah istilah bagi seorang pemain mencetak gol krusial bagi La Furia Roja. Pemain itu akan disebut 'Mencetak gol Seperti Marcelino' atau yang dalam bahasa Spanyol disebut dengan El Gol de Marcelino. Pemberian istilah tersebut merujuk pada gol penting yang dicetak legenda Real Zaragoza, Marcelino Martinez pada Euro 1964.

Pada Euro edisi kedua tersebut, Marcelino yang masih berusia 24 tahun dipanggil masuk ke dalam skuat La Furia Roja pada ajang Euro 1964, di mana mereka berstatus sebagai tuan rumah kejuaraan empat tahunan tersebut.

Marcelino sendiri sejatinya bukan pilihan utama pelatih Jose Villalonga. Hal ini terlihat bahwa sepanjang karir profesionalnya, ia hanya dipanggil sebanyak 14 kali untuk membela Timnas Spanyol. Meski mendapat minim panggilan, namun Marcelino selalu tampil 100% bagi negaranya.

Marcelino Martinez


Momen terbesar Marcelino bersama Timnas Spanyol terjadi pada final Euro 1964. Pada partai final, Spanyol harus berhadapan dengan sang juara bertahan Uni Soviet di partai final. Spanyol sejatinya unggul terlebih dahulu pada menit 6 melalui gol Jesus Maria Pareda, namun 2 menit berselang Galimzyan Khusainov menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan sama kuat ini terus berjalan hingga mendekati 90 menit waktu normal berakhir. Namun pada menit 84 terjadi sebuah keajaiban saat Marcelino melakukan Diving Header dari sudut sempit berhasil melewati kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin sehingga membawa Spanyol unggul 2-1 hingga akhir pertandingan. Gol tersebut mengunci trofi Internasional pertama yang diraih La Furia Roja sepanjang sejarah mereka.(bola/dub)