FOLLOW US:


Martinez Bisa Gantikan Puyol Di Spanyol

10-05-2012 04:00

 | Javi Martinez

Martinez Bisa Gantikan Puyol Di Spanyol
Martinez bisa jadi solusi © AFP

Bola.net - Vicente Del Bosque sedang berpikir keras untuk mengutak-atik pertahanan timnas Spanyol tanpa kehadiran Carles Puyol. Beberapa ide sudah muncul namun sepertinya sang pelatih masih belum menemukan solusi paling pas.

Ide pertama adalah menarik Sergio Ramos ke tengah dan menempatkan Alvaro Arbeloa atau Andoni Iraola sebagai bek kanan. Namun Del Bosque terancam kehilangan daya dobrak di sisi kanan jika Ramos diposisikan di tengah.

Del Bosque kemungkinan akan meniru cara Josep Guardiola untuk menarik seorang gelandang bertahan menjadi bek tengah. Pep memaksakan Javier Mascherano untuk mendampingi Gerard Pique di posisi bek tengah Blaugrana.

Timnas Spanyol memang memiliki kemiripan gaya bermain dengan Barca. Bukan hal yang mengejutkan karena sekitar separuh skuad utama Spanyol adalah pemain Barca. Del Bosque diperkirakan akan menarik Javi Martinez ke belakang untuk mendampingi Pique sebagai bek tengah.

Javi Martinez selama ini lebih dikenal sebagai holding midfielder tangguh di Athletic Bilbao. Dia punya insting bertahan yang bagus serta kemampuan mengawali serangan yang mumpuni.

Jika opsi kedua yang dipilih oleh Del Bosque, Martinez pantas bersyukur. Dia bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di Euro untuk membuat klub-klub besar semakin terpikat.  (idp/hsw)