ADNANJANUZAJ

Adnan Januzaj
Nama Lengkap : Adnan Januzaj
Tempat Lahir : Brussels, Belgia
Tanggal Lahir : 05 Februari 1995 (22 Tahun)
Kebangsaan : Belgia
Klub : Real Sociedad
Posisi : Gelandang
No Punggung : 8
Tinggi : 180 cm

Karir

Adnan Januzaj adalah pesepakbola kelahiran 5 Februari 1995 yang berasal dari Belgia. Januzaj mulai mengasah kemampuan bermain sepak bola sejak tahun 2001 di FC Brussels dan bergabung dengan tim junior Anderlecht pada tahun 2005. Pada bulan Maret 2011, ketika usianya 16 tahun, Januzaj bergabung dengan tim junior Manchaster United.

Pada akhir musim 2012-13, manajer Manchaster United, Sir Alex Ferguson, mempromosikan Januzaj ke tim inti MU dan memberikan kaos bernomor punggung 44. Januzaj sempat tampil sebagai pemain cadangan di pertandingan MU melawan West Bromwich Albion dan memenangkan 2013 Denzil Haroun Reserve Team Player of the Year.

Januzaj tergabung dalam tim inti saat Manchaster United melakukan tur Asia. Ia berhasil mencetak skor pada pertandingan final melawan Kitchee FC, klub asal Hong Kong. Selain itu, Januzaj juga berperan penting dalam membantu Rio Ferdinand mencetak satu-satunya gol Manchester United di pertandingan melawan Sevilla FC. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-1, kemenangan untuk Sevilla.

Pertandingan antara Manchester United melawan Wigan Athletic di liga FA Community Shield 2013 pada tanggal 11 Agustus merupakan pertandingan perdana Januzaj di Manchester United. Januzaj melakukan debutnya di Liga Primer Inggris sebulan kemudian pada tanggal 14 September di pertandingan antara United dan Crystal Palace menggantikan Ashley Young. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0, kemenangan untuk Manchester United.

Pada tanggal 5 Oktober 2013, Januzaj berhasil mencetak dua gol untuk Manchester United di pertandingan melawan Sunderland. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk United. Januzaj memperpanjang kontraknya hingga lima tahun ke depan dengan Manchester United pada tanggal 19 Oktober 2013.

Januzaj memenuhi syarat untuk bergabung dengan Tim Nasional Belgia dikarenakan Belgia merupakan tempat kelahirannya. Ia juga bisa mewakili Tim Nasional Albania dikarenakan etnis orangtuanya adalah Albania dan juga bisa mewakili Turki melalui kakek-neneknya, ataupun mewakili Serbia karena status sengketa tanah orang tuanya di Kosovo. Januzaj menyatakan bahwa ayahnya, Abedin, yang akan membuat keputusan perihal negara mana yang nantinya akan ia wakili di ajang sepak bola antar negara.

Pada tanggal 16 Oktober 2013 beredar rumor yang menyarankan Januzaj untuk mewakili Belgia di Piala Dunia FIFA tahun 2014. Pelatih Belgia, Wilmots, menyatakan bahwa Januzaj adalah seorang pria kelahiran Belgia dan seharusnya ia mau bermain untuk Belgia tanpa ada tawar-menawar.

Willmots menambahkan bahwa ia tidak peduli jika Januzaj berada di tingkat atas di Manchaster United atau di klub manapun, selama Januzaj tidak menunjukkan kemampuannya di hadapan Willmots. Pelatih Belgia kemudian menyatakan bahwa ia tidak membuat janji kepada pemain manapun baik ke Januzaj atau yang lainnya dan ia akan memanggil Januzaj untuk bergabung dengan Belgia jika ia memang benar-benar membutuhkannya.

Pada tanggal 17 Oktober 2013, ayah dari Januzaj menyatakan bahwa ia tersinggung dengan pernyataan pelatih Belgia tersebut dan ia tidak meminta tim nasional manapun untuk melatih Adnan.

Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Adnan Januzaj

Tinggalkan MU, Kesialan Tak Berhenti Tinggalkan Pemain Ini

Tinggalkan MU, Kesialan Tak Berhenti Tinggalkan Pemain Ini

02-10-2017 12:50

Entah apa salah Adnan Januzaj. Meninggalkan Manchester United demi membuka lembaran baru dalam karirnya, pemain Belgia itu malah mendapatkan nasib yang sama sekali tak terduga.

Januzaj Anggap Van Gaal Bikin MU Jadi Tim Kacangan

Januzaj Anggap Van Gaal Bikin MU Jadi Tim Kacangan

27-09-2017 14:50

Winger Real Sociedad, Adnan Januzaj, mengatakan bahwa Manchester United menjadi tim yang sangat mudah dikalahkan di bawah arahan mantan manajer Louis van Gaal.

Didepak dari Old Trafford, Januzaj Bersyukur pada Mourinho

Didepak dari Old Trafford, Januzaj Bersyukur pada Mourinho

27-09-2017 14:30

Pemain Real Sociedad, Adnan Januzaj, mengaku tidak menyimpan dendam sama sekali pada bos Manchester United, Jose Mourinho.

Januzaj Anggap Van Gaal Hancurkan Karirnya di MU

Januzaj Anggap Van Gaal Hancurkan Karirnya di MU

27-09-2017 12:20

Eks winger Manchester United, Adnan Januzaj, mengklaim bahwa ia tidak mendapat kebebasan dalam bermain dari Louis van Gaal.

Willian Sebut Ingin Ikuti Langkah Diego Costa

Willian Sebut Ingin Ikuti Langkah Diego Costa

29-08-2017 13:40

Striker Real Sociedad, Willian Jose, membuka peluang untuk membela tim nasional Spanyol.

Jengkel pada Van Gaal, Januzaj Sebut Mou Lebih Adil

Jengkel pada Van Gaal, Januzaj Sebut Mou Lebih Adil

25-08-2017 11:10

Adnan Januzaj boleh jadi menyimpan dendam tersendiri pada Louis van Gaal, namun ia mengaku sama sekali tak punya perasaan buruk pada Jose Mourinho.

Dendam, Januzaj Siap Cetak Gol untuk Louis Van Gaal

Dendam, Januzaj Siap Cetak Gol untuk Louis Van Gaal

24-08-2017 21:05

Adnan Januzaj ternyata masih punya dendam dengan mantan pelatihnya di Manchester United, Louis van Gaal. Januzaj berjanji akan mencetak gol di La Liga dan mendedikasikannya untuk Van Gaal.

Januzaj Simpan Dendam Pada Manchester United

Januzaj Simpan Dendam Pada Manchester United

03-08-2017 20:29

Adnan Januzaj rupanya masih punya dendam karena terdepak dari skuat utama Manchester United. Januzaj bertekad untuk membuktikan kualitasnya dan membuat United menyesal usai melepasnya.

Sociedad Yakin Keluarkan Potensi Januzaj

Sociedad Yakin Keluarkan Potensi Januzaj

17-07-2017 14:59

Direktur Olahraga Real Sociedad, Loren Juarros, mengaku senang dengan kesuksesan mereka mendapatkan eks pemain sayap Manchester United, Adnan Januzaj.

Januzaj Ucap Selamat Tingggal pada MU

Januzaj Ucap Selamat Tingggal pada MU

13-07-2017 09:00

Adnan Januzaj menggunakan Twitter untuk mengucap selamat tinggal pada suporter Manchester United.