ADNANJANUZAJ

Adnan Januzaj
Nama Lengkap : Adnan Januzaj
Tempat Lahir : Brussels, Belgia
Tanggal Lahir : 05 Februari 1995 (21 Tahun)
Kebangsaan : Belgia
Klub : Sunderland
Posisi : Gelandang
No Punggung : 44
Tinggi : 180 cm

Karir

Adnan Januzaj adalah pesepakbola kelahiran 5 Februari 1995 yang berasal dari Belgia. Januzaj mulai mengasah kemampuan bermain sepak bola sejak tahun 2001 di FC Brussels dan bergabung dengan tim junior Anderlecht pada tahun 2005. Pada bulan Maret 2011, ketika usianya 16 tahun, Januzaj bergabung dengan tim junior Manchaster United.

Pada akhir musim 2012-13, manajer Manchaster United, Sir Alex Ferguson, mempromosikan Januzaj ke tim inti MU dan memberikan kaos bernomor punggung 44. Januzaj sempat tampil sebagai pemain cadangan di pertandingan MU melawan West Bromwich Albion dan memenangkan 2013 Denzil Haroun Reserve Team Player of the Year.

Januzaj tergabung dalam tim inti saat Manchaster United melakukan tur Asia. Ia berhasil mencetak skor pada pertandingan final melawan Kitchee FC, klub asal Hong Kong. Selain itu, Januzaj juga berperan penting dalam membantu Rio Ferdinand mencetak satu-satunya gol Manchester United di pertandingan melawan Sevilla FC. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-1, kemenangan untuk Sevilla.

Pertandingan antara Manchester United melawan Wigan Athletic di liga FA Community Shield 2013 pada tanggal 11 Agustus merupakan pertandingan perdana Januzaj di Manchester United. Januzaj melakukan debutnya di Liga Primer Inggris sebulan kemudian pada tanggal 14 September di pertandingan antara United dan Crystal Palace menggantikan Ashley Young. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0, kemenangan untuk Manchester United.

Pada tanggal 5 Oktober 2013, Januzaj berhasil mencetak dua gol untuk Manchester United di pertandingan melawan Sunderland. Pertandingan tersebut kemudian berakhir dengan skor 2-1, kemenangan untuk United. Januzaj memperpanjang kontraknya hingga lima tahun ke depan dengan Manchester United pada tanggal 19 Oktober 2013.

Januzaj memenuhi syarat untuk bergabung dengan Tim Nasional Belgia dikarenakan Belgia merupakan tempat kelahirannya. Ia juga bisa mewakili Tim Nasional Albania dikarenakan etnis orangtuanya adalah Albania dan juga bisa mewakili Turki melalui kakek-neneknya, ataupun mewakili Serbia karena status sengketa tanah orang tuanya di Kosovo. Januzaj menyatakan bahwa ayahnya, Abedin, yang akan membuat keputusan perihal negara mana yang nantinya akan ia wakili di ajang sepak bola antar negara.

Pada tanggal 16 Oktober 2013 beredar rumor yang menyarankan Januzaj untuk mewakili Belgia di Piala Dunia FIFA tahun 2014. Pelatih Belgia, Wilmots, menyatakan bahwa Januzaj adalah seorang pria kelahiran Belgia dan seharusnya ia mau bermain untuk Belgia tanpa ada tawar-menawar.

Willmots menambahkan bahwa ia tidak peduli jika Januzaj berada di tingkat atas di Manchaster United atau di klub manapun, selama Januzaj tidak menunjukkan kemampuannya di hadapan Willmots. Pelatih Belgia kemudian menyatakan bahwa ia tidak membuat janji kepada pemain manapun baik ke Januzaj atau yang lainnya dan ia akan memanggil Januzaj untuk bergabung dengan Belgia jika ia memang benar-benar membutuhkannya.

Pada tanggal 17 Oktober 2013, ayah dari Januzaj menyatakan bahwa ia tersinggung dengan pernyataan pelatih Belgia tersebut dan ia tidak meminta tim nasional manapun untuk melatih Adnan.

Oleh: Baby Nabilah

Berita Terbaru Adnan Januzaj

Disebut Bermental Lemah, Ini Jawaban Januzaj

Disebut Bermental Lemah, Ini Jawaban Januzaj

01-04-2017 18:50

Januzaj menyebut ia memiliki mental yang kuat di mana ia selalu berjuang di saat-saat yang sulit.

Januzaj Akui Terinspirasi Eden Hazard

Januzaj Akui Terinspirasi Eden Hazard

24-03-2017 09:10

Striker Sunderland, Adnan Januzaj, mengakui bahwa ia ingin belajar dari rekannya di Belgia, Eden Hazard, untuk menjadi lebih tajam di kotak penalti lawan.

Januzaj Ragukan Masa Depannya di MU

Januzaj Ragukan Masa Depannya di MU

19-03-2017 01:10

Januzaj ragu bahwa diirnya akan dipertahankan Manchester United musim depan.

Januzaj Merasa Lebih Hebat Usai Tinggalkan MU

Januzaj Merasa Lebih Hebat Usai Tinggalkan MU

15-03-2017 20:02

Gelandang serang Adnan Januzaj mengklaim bahwa dirinya kini menjadi pribadi yang lebih hebat usai memutuskan meninggalkan Manchester United pada awal musim 2016/17.

Wright Minta Rashford Tak Ikuti Jejak Januzaj

Wright Minta Rashford Tak Ikuti Jejak Januzaj

30-01-2017 15:14

Marcus Rashford harus tetap rendah hati. Ini merupakan nasihat yang diberikan oleh legenda Arsenal, Ian Wright, pada sang striker muda.

Januzaj: Saya Tak Punya Masalah dengan Mourinho

Januzaj: Saya Tak Punya Masalah dengan Mourinho

22-01-2017 06:20

Adnan Januzaj berkeras bahwa ia tidak punya masalah dengan Jose Mourinho.

Januzaj Yakin Bisa Pikat Jose Mourinho di United

Januzaj Yakin Bisa Pikat Jose Mourinho di United

22-01-2017 04:00

Adnan Januzaj mengatakan ia yakin bisa memikat Jose Mourinho dan kembali lagi untuk berjuang di tim utama Manchester United musim depan.

Pogba Ingin Januzaj Kembali ke MU

Pogba Ingin Januzaj Kembali ke MU

21-01-2017 13:40

Pemain Sunderland Adnan Januzaj mengungkapkan bahwa Paul Pogba menginginkan dirinya kembali ke Manchester United pada musim panas.

Mourinho Siap Lepas Januzaj Murah

Mourinho Siap Lepas Januzaj Murah

18-01-2017 14:10

Jose Mourinho siap menjual Adnan Januzaj di musim panas, dan memberikan label harga hanya sekitar 8 juta poundsterling untuk pemain Manchester United.

Agen: Januzaj Bahagia di Sunderland

Agen: Januzaj Bahagia di Sunderland

13-01-2017 08:50

Agen winger Manchester United, Adnan Januzaj, berkeras bahwa sang pemain muda tengah senang menjalani masa peminjaman di Sunderland, terlepas dari spekulasi yang mengatakan ia bakal pindah ke Ligue 1.