FOLLOW US:

ROMELULUKAKU

Romelu Lukaku
Nama Lengkap : Romelu Menama Lukaku
Tempat Lahir : Antwerp, Belgia
Tanggal Lahir : 13 Mei 1993 (27 Tahun)
Kebangsaan : Belgia
Klub : Inter Milan
Posisi : Penyerang
No Punggung : 9
Tinggi : 190 cm

Karir

Romelu Menama Lukaku merupakan seorang pemain sepak bola di posisi striker yang dilahirkan di Antwerp, Belgia, pada 13 Mei 1993. Ia mengawali karirnya dengan bergabung dalam tim lokal, Koninklijke Rupel Boom Football Club sebelum bergabung dengan Leirse pada tahun 2003.

Lukaku terbilang sukses menunjukkan performa impresif dan membuatnya menjadi incaran banyak tim besar Eropa. Salah satu dari tim tersebut adalah Anderlecht yang kemudian menariknya ke dalam tim untuk diturunkan di turnamen Belgian Pro League tahun 2006.

Performa impresif di lapangan terus ditunjukkan oleh Lukaku dan dianggap layak untuk bermain sebagai pemain profesional di usia 16 tahun. Ia menjadi top skorer di Belgia pada musim 2009-2010 saat berkarir dalam Anderlecht dan mengantarkan timnya menjuarai Belgian Championship.

Di samping itu, Lukaku juga mendapat penghargaan Belgian Ebony Shoe pada tahun 2011. Pada tahun 2011 Lukaku bergabung dengan tim yang bermain di turnamen Premier League, Chelsea, dan menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen tersebut. Di awal Januari 2014 Lukaku kembali dianugerahi penghargaan The Guardian sebagai salah satu dari sepuluh pemain muda paling berbakat seantero Eropa.

Di usia lima tahun, Lukaku bergabung dengan tim lokal Rupel Boom, sebuah tim Belgia yang bertanding di turnamen divisi ketiga. Setelah empat musim bermain untuk Rupel Boom, bakat dan kemampuan Lukaku menarik perhatian manajemen tim Lierse SK, sebuah tim Belgia yang berkompetisi di turnamen Belgian Pro League.

Striker kelahiran Antwerp ini pun bergabung dengan skuat muda Lierse SK. Dua tahun dihabiskan oleh Lukaku dalam klub tersebut sejak tahun 2004 sampai 2006, berhasil menyumbangkan 121 gol pada 68 pertandingan yang dimainkannya.

Setelah Lierse mengalami degradasi di klasemen turnamen Belgian Pro League, Lukaku pindah dari tim tersebut dan bergabung dengan Anderlecht dan bermain selama tiga tahun di skuat muda dan mencetak 131 gol pada 93 pertandingan.

Setelah tiga tahun bermain di skuat muda Anderlecht, pada Mei 2009 Lukaku menandatangani kontrak dengan masa kerja tiga tahun sebagai pemain profesional untuk Anderlecht. Sebelas hari setelah penandatanganan kontrak, Lukaku mengawali debutnya dengan bermain pada turnamen Belgian First Division melawan Standard Liege.

Pada pertandingan tersebut Lukaku diturunkan dari bangku cadangan pada menit ke 69 untuk menggantikan Victor Bernardez. Gol pertamanya sebagai pemain profesional dicetak pada pertandingan melawan Zulte Waregem setelah diturunkan pada menit 69 untuk menggantikan Kanu.

Pada Agustus 2011 Lukaku bergabung dengan Chelsea setelah menyepakati harga transfer sebesar €12 juta. Lukaku diberi nomor punggung 18 dan menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen tim Premier League tersebut.

Debutnya untuk Chelsea adalah pada pertandingan melawan Norwich City, dimana ia diturunkan pada menit ke 83 untuk menggantikan Fernando Torres. Diturunkan di sepuluh pertandingan untuk Chelsea, Lukaku kemudian bergabung dengan West Bromwich sebagai pemain pinjaman untuk jangka waktu yang lama.

Pada tahun 2013 Lukaku mengaku pada media bahwa ia masih ingin bergabung dengan West Bromwich dan menjadi bagian dari sejarah tim tersebut. Namun oleh manajemen Chelsea keinginan tersebut tidak dikabulkan karena pada musim berikutnya Lukaku dipinjamkan ke Everton.

Meski demikian, Lukaku mampu menjadi top skorer tim pada turnamen Premier League musim 2012-2013 dan menduduki peringkat ke enam top skorer selama musim tersebut dengan 17 gol yang berhasil dicetaknya.

Pada hari terakhir masa transfer musim panas 2013, diumumkan bahwa Lukaku akan menjadi pemain pinjaman lagi dan kali ini bergabung dengan Everton. Debutnya untuk tim asal Merseyside tersebut diawali dengan bermain pada pertandingan melawan West Ham United dan mencetak satu gol yang mengantarkan timnya menang dengan skor akhir 3-2.

Pada musim panas 2019, Romelu Lukaku memutuskan untuk meninggalkan Manchester United dan menerima pinangan Inter Milan.

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Romelu Lukaku

Duet Lukaku - Lautaro Diklaim Hanya Bisa Disamai Lini Serang PSG

Duet Lukaku - Lautaro Diklaim Hanya Bisa Disamai Lini Serang PSG

17-02-2020 01:14

Legenda sepak bola Italia Christian Vieri mengklaim duel Romelu Lukaku darn Lautaro Martinez merupakan salah satu duet penyerang terbaik di dunia saat ini dan hanya bisa disaingi oleh lini serang PSG.

Lukaku Catatkan 20 Gol Bagi Inter Lebih Cepat Ketimbang Ronaldo

Lukaku Catatkan 20 Gol Bagi Inter Lebih Cepat Ketimbang Ronaldo

10-02-2020 22:55

Romelu Lukaku membutuhkan lebih sedikit pertandingan ketimbang Ronaldo untuk mencetak 20 gol bagi Inter Milan.

Milan Kalah Setelah Unggul Atas Inter, Ibrahimovic Kehabisan Kata-kata

Milan Kalah Setelah Unggul Atas Inter, Ibrahimovic Kehabisan Kata-kata

10-02-2020 06:40

Zlatan Ibrahimovic mengaku tak bisa menjelaskan apa yang membuat AC Milan kalah dari Inter Milan meski sebenarnya sempat unggul dua gol di laga Derby Della Madonnina.

Hasil Pertandingan Inter Milan vs AC Milan: Skor 4-2

Hasil Pertandingan Inter Milan vs AC Milan: Skor 4-2

10-02-2020 04:44

Inter Milan secara spektakuler berbalik menang 4-2 atas AC Milan di laga giornata 23 Serie A di Giuseppe Meazza, Senin (10/02/2020) dini hari WIB.

Lukaku Mengenang Kebersamaannya dengan Ibrahimovic di Manchester United

Lukaku Mengenang Kebersamaannya dengan Ibrahimovic di Manchester United

04-02-2020 22:30

Romelu Lukaku sudah cukup lama tidak berada satu lapangan dengan Zlatan Ibrahimovic. Kendati demikian, kenangan soal kebersamaan antara dirinya dengan penyerang AC Milan itu di Manchester United masih terjaga.

Man of the Match Udinese vs Inter Milan: Romelu Lukaku

Man of the Match Udinese vs Inter Milan: Romelu Lukaku

03-02-2020 05:21

Romelu Lukaku layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias man of the match dalam laga Serie A 2019-20 giornata 22 antara Udinese versus Inter Milan, Senin (3/2/2020) dini hari WIB.

Hasil Pertandingan Udinese vs Inter Milan: Skor 0-2

Hasil Pertandingan Udinese vs Inter Milan: Skor 0-2

03-02-2020 04:43

Inter Milan sukses mengalahkan Udinese dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Serie A 2019-20 giornata 22 yang digelar di Dacia Arena, Senin (3/2/2020) dini hari WIB.

Romelu Lukaku: Antonio Conte Bilang Saya Adalah Sampah

Romelu Lukaku: Antonio Conte Bilang Saya Adalah Sampah

25-01-2020 11:45

Romelu Lukaku ingat secara persis bagaimana pelatihnya di Inter Milan, Antonio Conte, memacu kemampuannya dengan sangat keras. Ia bahkan sampai disebut sebagai sampah oleh mantan pelatih Chelsea tersebut.

Gagal di MU Tapi Bersinar di Inter Milan, Ini Penjelasan Lukaku

Gagal di MU Tapi Bersinar di Inter Milan, Ini Penjelasan Lukaku

24-01-2020 19:54

Romelu Lukaku mengatakan di Inter Milan ia bisa mengeluarkan potensi terbaiknya dan hal itu terjadi berkat gemblengan super berat dari Antonio Conte.

Ini Penyebab Jose Mourinho Gagal di MU versi Romelu Lukaku

Ini Penyebab Jose Mourinho Gagal di MU versi Romelu Lukaku

24-01-2020 16:40

Penyerang Inter Milan, Romelu Lukaku memberikan pendapat mengenai kegagalan Jose Mourinho di Manchester United.