SANDRORANIERE

Sandro Raniere
Nama Lengkap : Sandro Raniere Guimaraes Cordeiro (The Beast)
Tempat Lahir : Riachinho, Brasil
Tanggal Lahir : 15 Maret 1989 (28 Tahun)
Kebangsaan : Brasil
Klub : QPR
Posisi : Gelandang
No Punggung : 30
Tinggi : 187 cm

Karir

Sandro merupakan salah satu pemain yang memiliki kemampuan fisik dan stamina yang prima. Tak hanya lihai dalam hal menguasai bola, ia juga ahli dalam hal mengatur tempo pertandingan dan melakukan penjagaan di wilayah lapangan tengah. Kemampuannya dalam hal tackling juga kerap menjadi momok bagi tim lawan yang hendak menyerang ke wilayah pertahanan timnya. Tak hera jika pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini kerap menjadi pilihan utama di klub yang ia bela.

Pemain kelahiran Riacinho ini mengawali karir sepak bolanya bersama dengan tim junior Internacional. Ia menjalani karir juniornya dengan baik bersama dengan tim junior Internacional. Atas dasar kemampuannya tersebut, pihak klub memutuska untuk memberinya kontrak profesional pada tahun 2007 kala ia menginjak usia 18 tahun.

Bersama dengan Internacional, Sandro sukses mempersembahkan gelar copa Libertadores pada tahun 2010. Meski sudah banyak kabar mengenai kepergiannya dari markas Internacional, namun performa Sandro tak terpengaruh. Ia tetap merupakan salah satu gelandang bertahan yang disegani di liga Brazil.

Sikap profesionalnya tersebut banyak mendapat pujian dari para fans Internacional yang sebenarnya tak rela melepas kepergian pemain ini ke London setelah mereka berhasil merengkuh gelar bergengsi se Amerika Latin tersebut.

Pada jendela transfer musim panas tahun 2010, Sandro resmi bergabung bersama dengan salah satu klub asal kota London, Tottenham Hotspurs. Spurs sebenarnya sudah menerbangkan perwakilannya guna membahas transfer Sandro pada 2009, namun pihak Internacional menolak proposal transfer tersebut.

Puncaknya, kedua kubu menemukan kata sepakat pada jendela transfer musim panas 2010 dengan nominal yang mencapai £ 8,4 juta. Gelandang bertahan yang dikenal cukup aktif membantu penyerangan ini melakoni laga debutnya bersama Spurs kala merekan bermain di kandang melawan tim sekota, Arsenal, pada September 2010.

Sayangnya, meski bermain bagus, ia tak bisa menolong Spurs dari kekalahan 1-4 di kandang dari Arsenal pada pertandingan lanjutan Piala Liga tersebut.

Dia melakoni laga debutnya di Liga Champions untuk Tottenham pada 15 Februari 2011 di San Siro kala Spurs melawan jawara tujuh kali Liga Champions, AC Milan. Pada pertandingan tersebut, peran vitalnya di lini tengah mendapat pujian khusus dari sang manajer, Harry Redknapp.

Atas bantuannya di lini tengah, Spurs berhasil memetik kemenangan 1-0 kala melawan Milan. Ia juga memainkan peran penting didepan 4 pemain bertahan Tottenham. Perannya di lini tengah sebagai gelandang bertahan terbukti sukses meredam gempuran lini tengah Milan yang dihuni oleh pemain bintang seperti Seedorf, Van Bomel dan Pirlo.

Dalam pertandingan yang berkesudahan imbang tanpa gol tersebut, dia menjadi man of the match dalam leg kedua di White Hart Lane tersebut. Gol pertamanya bagi klub ia cetak kala Spurs bertanding melawan Chelsea melalui sebuah tendangan voli dari jarak 35-yard. Meski mencetak gol, Spurs masih harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 2-1.

Pada Januari 2013, gelandang kelahiran Maret 1989 ini mengalami cedera yang serius kala bertanding melawan QPR. Atas cedera yang ia derita tersebut, tim medis Spurs meyatakan bahwa ia harus absen hingga akhir musim. Dengan demikian, ia terpaksa mengakhiri musim 2012/13 lebih awal dari rekan-rekannya.

Sekembalinya dari cedera panjang tersebut, Sandro mendapati posisinya di lini tengah Tottenham sudah terisi oleh Dembele dan Capoue. Meski demikian, pemain yang diberi julukan “The Beast” oleh fans Spurs ini tetap bisa menunjukkan performa impresif kala mereka menahan imbang Manchester United 2-2 pada 1 Desember 2013.

Pada pertandingan yang sama, Sandro juga mencetak sebuah gol indah dari luar kotak pinalti.


Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Sandro Raniere

Barca Dipastikan Ditinggal Satu Strikernya

Barca Dipastikan Ditinggal Satu Strikernya

24-05-2016 09:06

Direktur Barcelona, Robert Fernandez, belum lama ini mengkonfirmasi bahwa Sandro tidak akan bermain untuk tim juara Spanyol musim depan.

Enrique Puas dengan Performa Youngster Barca

Enrique Puas dengan Performa Youngster Barca

21-09-2015 07:40

Luis Enrique mengaku puas dengan performa para pemain muda Barcelona, kala mereka menang 4-1 atas Levante di La Liga dini hari tadi.

Sandro Berat Lepas Pedro ke Chelsea

Sandro Berat Lepas Pedro ke Chelsea

20-08-2015 08:38

Salah satu pemain Barcelona, Sandro Ramirez, mengaku amat menyesalkan kepergian Pedro Rodriguez dari klub di musim panas ini.

Pintu Kepindahan Fellaini ke Napoli Akhirnya Tertutup

Pintu Kepindahan Fellaini ke Napoli Akhirnya Tertutup

26-08-2014 15:40

The Independent melaporkan bahwa perwakilan Il Partenopei sudah menarik diri dari negosiasi dan tak lagi berminat terhadap pemain asal Belgia ini.

Dekati Sandro, Napoli Tak Lagi Lirik Lucas

Dekati Sandro, Napoli Tak Lagi Lirik Lucas

25-08-2014 00:32

Napoli dikabarkan lebih memilih untuk mendatangkan gelandang Tottenham, Sandro, ketimbang pemain Liverpool, Lucas Leiva.

Tur Amerika Serikat Tottenham Terganggu

Tur Amerika Serikat Tottenham Terganggu

18-07-2014 03:39

Tottenham akan menjalani tur pra musim ke Amerika Serikat dan Kanada tanpa dua pemain pentingnya.

Presiden Napoli Akui Tertarik Datangkan Sandro

Presiden Napoli Akui Tertarik Datangkan Sandro

09-06-2014 06:15

Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis mengonfirmasi bahwa pihaknya memang tertarik untuk mendatangkan gelandang Tottenham, Sandro.

Spurs Minta 15 Juta Pounds Untuk Sandro

Spurs Minta 15 Juta Pounds Untuk Sandro

06-06-2014 22:12

Dengan harga 15 juta Poundsterling, sekiranya para peminat Sandro mulai berpikir ulang.

Sandro Ingin Bermain di Serie A

Sandro Ingin Bermain di Serie A

22-05-2014 22:21

Gelandang Tottenham Sandro mengungkapkan bahwa ia tertarik bermain di kompetisi Serie A.

Sandro Akui Masa Depannya di Spurs Tak Jelas

Sandro Akui Masa Depannya di Spurs Tak Jelas

08-05-2014 19:30

Gelandang Tottenham Sandro mengakui bahwa masa depannya di White Hart Lane masih belum jelas.