Menpora Jamin Bonus Untuk Atlet Mencukupi

Editor Bolanet | 24 November 2011 21:45
Menpora menyerahkan bonus pada atlet berprestasi di SEA Games © Bola/Eggi
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng mengaku dana yang disiapkan oleh negara untuk bonus atlet yang meraih medali SEA Games 2011 mencukupi.


"Saat Asian Games 2010, perahu naga membuat pemerintah tekor. Tapi pada SEA Games kali ini tidak satupun medali emas diraih oleh cabang itu," katanya di sela-sela pemberian penghargaan kepada peraih medali SEA Games 2011 di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta, Kamis.


Dengan hasil yang kurang pada SEA Games 2011 ini diharapkan cabang perahu naga yang sempat membawa nama harum Indonesia di ajang Asian Games mampu memperbaiki hasilnya pada SEA Games 2013 di Myanmar.


"Saya tantang lagi perahu naga bikin tekor pemerintah. Kami yakin pada event-event mendatang hasilnya jauh lebih baik," katanya sambil bercanda dan disambut tepuk tangan oleh semua atlet dan pelatih yang hadir.


Sebelumnya dana yang dipersiapkan oleh Pemerintah melalui APBN untuk bonus tersebut adalah sebesar Rp150 miliar. Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan total bonus yang dikucurkan hanya kurang lebih Rp125 miliar. Dengan dengan demikian ada sisa sekitar Rp25 miliar.


Setiap atlet yang mampu merebut medali emas akan mendapatkan bonus Rp200 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta. Sedangkan pelatih akan mendapatkan bonus Rp50 juta untuk emas, Rp30 juta untuk perak dan Rp15 juta untuk perunggu. Nilai bonus yang diberikan itu berdasarkan medali yang diraih. Jadi, jika atlet turun dalam beregu maka bonus yang diberikan tetap sama dengan atlet tunggal, yaitu masing-masing sesuai dengan ketetapan yang ada.


"Bonus ini merupakan motivasi agar atlet jauh lebih berprestasi. Kami berharap, bonus yang diterima digunakan sebaik-baiknya," tutup Andi.


Pada kesempatan itu Menpora langsung memberikan bonus secara simbolis kepada atlet yang mendapat lebih dari dua emas. Atlet yang menerima secara langsung di antaranya I Gede Siman Sudartawa (renang dengan 4 emas) dan Uyun Muzizah (balap sepeda dengan 3 emas).


Pada SEA Games XXVI di Tanah Air ini, Indonesia mampu mengumpulkan 182 emas, 151 perak dan 142 perunggu. Di posisi dua diduduki Thailand dengan 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu, sedangkan posisi tiga Vietnam dengan 96 emas, 92 perak dan 100 perunggu.   (ant/mxm)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR