FOLLOW US:


Barcelona Butuh Gelandang Petarung? Xavi Santai Aja Tuh

23-11-2021 10:20

 | Richard Andreas

Barcelona Butuh Gelandang Petarung? Xavi Santai Aja Tuh
Gelandang Barcelona, Sergio Busquets. © AP Photo

Bola.net - Barcelona diduga membutuhkan gelandang petarung jika ingin bersaing meraih trofi. Gaya bermain Barca harus mengikuti perkembangan sepak bola modern.

Saat ini hampir setiap tim memiliki gelandang tangguh yang bertugas melakoni duel-duel fisik di lapangan. Biasanya ketangguhan gelandang tersebut bisa jadi penentu kemenangan tim.

Namun, Barca sudah lama tidak memiliki gelandang dengan tipe tersebut. Mereka masih punya Sergio Busquets, tapi Busquets tidak lagi muda dan kemampuannya tidak sehebat dahulu.

Persoalan gelandang petarung ini juga jadi salah satu tugas Xavi si pelatih baru. Lantas, apa katanya?

1 dari 2

Sudah punya kok

Xavi punya tugas berat untuk mengembalikan identitas Barca seperti sedia kala. Setahun terakhir Barca sudah mulai melenceng di bawah Ronald Koeman, Xavi harus mengembalikan identitas itu.

Sebab itu, soal gelandang, Xavi mengaku tidak punya masalah. Dia sudah memiliki gelandang-gelandang tangguh yang bisa ditugaskan untuk berduel fisik di lapangan.

"Kami sudah punya gelandang-gelandang tangguh, sudah ada. De Jong atau Nico, atau bahkan Busquets sendiri. Tanpa harus bermain keras, dia adalah salah satu gelandang terbaik dalam tugas merebut bola," ujar Xavi di Sport.

"Dengan gaya main kami, Anda tidak perlu punya fisik besar. Coba lihat berapa banyak bola yang direbut Pedri, sama seperti Iniesta dahulu."

2 dari 2

Sisi sayap

Lagi pula, Barca era Xavi ini tampaknya lebih mengutamakan kekuatan winger. Memang baru satu pertandingan, sulit untuk menilai, tapi diduga Barca akan mengutamakan gerakan-gerakan winger.

"Yang kami inginkan adalah membuka celah ruang kosong. Jika Anda menganalisis pertandingan Sabtu kemarin, kami bermain dengan winger murni, lalu ada Gavi yang bermain di sisi lainnya," sambung Xavi.

"Jika Anda bermain di sisi luar, ada lebih banyak ruang di sisi dalam. Kami ingin mengisi ruang-ruang kosong itu. Posisi itu adalah kunci bagi saya," tandasnya.

Sumber: Sport