FOLLOW US:


Barcelona vs Real Madrid, Siapa Lebih Buruk di Pertahanan?

09-12-2019 11:01

 | Asad Arifin

Barcelona vs Real Madrid, Siapa Lebih Buruk di Pertahanan?
Lionel Messi bersitegang dengan Sergio Ramos pada duel El Clasico musim 2018/19. © AP Photo

Bola.net - Barcelona dan Real Madrid bersaing ketat di La Liga musim 2019/2020. Kedua tim bersaing di posisi paling atas klasemen. Namun, jika dilihat dari kinerja lini pertahanan, siapa yang lebih baik?

Barcelona kini berada di puncak klasemen La Liga, pekan ke-16, dengan meraih 34 poin. Jumlah poin yang sama didapat Real Madrid. Barcelona hanya unggul selisih gol yakni surplus 23 dibanding surplus 21 gol milik Madrid.

Kedua tim baru memainkan 15 laga di La Liga, sedangkan klub lain sudah 16 kali berlaga. Satu laga tunda mempertemukan kedua tim. Laga tunda ini bakal digelar pada 19 Desember di Camp Nou.

Real Madrid sejauh ini baru sekali kalah di La Liga, ketika berjumpa Real Mallorca. Sedangkan, Barcelona sudah tiga kali kalah yakni ketika berjumpa Levante, Granada dan Athletic Club.

1 dari 2

Pertahanan Barcelona atau Real Madrid Lebih Buruk?

Pada duel terakhirnya, Barcelona menang dengan skor 5-2 atas Mallorca. Sedangkan, Real Madrid menang 2-0 atas Espanyol. Barcelona menang lebih besar, tetapi kebobolan dua gol. Sedangkan Real Madrid mencatatkan cleansheet.

Jika menghitung catatan statistik gol yang tercipta, Real Madrid masih lebih baik dibanding Barcelona di lini pertahanan. Real Madrid sejauh ini baru kebobolan sebelas gol dari 15 pertandingan La Liga.

Sedangkan, Barcelona sudah 18 kali kebobolan. Barcelona juga hanya tiga kali mencatat cleansheet sejauh ini. Barcelona tidak kebobolan pada laga melawan Getafe, Sevilla, dan Atletico Madrid.

Real Madrid sendiri sudah mencatat tujuh cleansheet di La Liga hingga pekan 17.

"Beruntung bagi Barcelona, lini depan mereka melemahkan celah pertahanan saat ini. Lionel Messi, sekarang pencetak gol terbanyak di La Liga, dan rekan-rekan setimnya telah mencetak 41 gol," tulis jurnalis Marca, M. Carmen Torres.

2 dari 2

Marc-Andre ter Stegen vs Thibaut Courtois

Marc-Andre ter Stegen sebenarnya tidak tampil buruk di bawah mistar Barcelona. Walau kebobolan banyak gol, kiper asal Jerman sudah tampil bagus. Hanya saja, kinerja empat bek Barcelona memang di bawah standar pada musim ini.

Sebuah catatan unik diukir Marc-Andre ter Stegen pada musim 2019/2020. Sejauh ini, dia sudah memberikan dua assist di La Liga. Artinya, Ter Stegen punya kemampuan membaca permainan cukup bagus dalam menyusun serangan balik.

Thibaut Courtois mendapat tekanan yang tinggi pada awal musim, saat lini pertahanan Real Madrid memang tampil buruk. Namun, kiper asal Belgia tersebut kini tengah berada dalam performa terbaiknya sejak pindah ke Real Madrid.

Sumber: Marca