FOLLOW US:


Camp Nou, Benteng Kukuh Barcelona dalam Satu Dekade Terakhir

13-10-2019 00:00

 | Richard Andreas

Camp Nou, Benteng Kukuh Barcelona dalam Satu Dekade Terakhir
Barcelona © AP Photo

Bola.net - Rekor apik Barcelona di Camp Nou adalah salah satu alasan mereka berada di puncak dunia sepak bola. Ketika bermain di hadapan pendukung mereka sendiri, Lionel Messi dkk. seakan-akan mendapatkan suntikan tenaga ekstra untuk tampil lebih baik.

Menurut Sport, sejak ditangani Pep Guardiola beberapa tahun silam, Barca memang sudah memetik kemenangan di mana pun, tapi Camp Nou selalu spesial. Bukan kemenangan biasa, Barca menang dengan cara terbaik.

Tercatat, tidak ada tim lain dalam lima liga top Eropa yang mencetak gol sebanyak Barca di kandang mereka sendiri. Ya, ketika bermain di Camp Nou, skor 4-0 atau 5-0 untuk kemenangan Barca merupakan hal lumrah.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Camp Nou yang Angker

Ada 298 pertandingan yang dimainkan di Camp Nou sejak musim 2019/10 lalu. Barca memenangkan 252 di antaranya atau 85 persen. Lalu, untuk 46 pertandingan sisanya, 32 berakhir dengan imbang (11%) dan 14 kekalahan (4%).

Benar, nyaris 10 tahun berlalu, Barca hanya 14 kali menelan kekalahan di Camp Nou. Rekor impresif yang mungkin sulit dikejar tim mana pun.

Kemudian, melihat catatan tim-tim lain, hanya Real Madrid yang pantas mendekati Barca. Los Blancos memenangi 222 pertandingan di Santiago Bernabeu dalam satu dekade terakhir, hanya 30 kemenangan di bawah Barca.

Lalu ada Manchester City di peringkat ketiga dengan 203 kemenangan di Etihad Stadium, unggul 2 kemenangan dari Bayern Munchen. Lalu, ada PSG (194 kemenangan), Arsenal dan Chelsea (193), serta Atletico Madrid (192).

2 dari 3

Kemenangan Telak

Kemenangan besar yang tercipta di Camp Nou tidak bisa diremehkan. Ada beberapa kemenangan spesial, seperti kemenangan 5-0 atas Real Madrid-nya Jose Mourinho, kemenangan 7-1 atas Bayern Leverkusen.

Sejumlah kemenangan telak atas Arsenal, menang 3-0 atas Bayern Munchen-nya Guardiola, kemenangan 6-1 atas PSG yang bersejarah, dan teranyar adalah kemenangan 5-1 atas Real Madrid-nya Julen Lopetegui dan 3-0 atas Liverpool.

Tentu, pada hujan gol tersebut, nama Lionel Messi sering kali tertera. La Pulga adalah salah satu alasan Barca begitu kuat di Camp Nou.

3 dari 3

Terakhir Kalah

Terakhir kali Barca kalah di Camp Nou sudah cukup lama. Pada ajang Liga Champions, Barca terakhir kali takluk di Camp Nou pada tahun 2013 lalu dari Bayern Munchen. Lalu, di La Liga, Barca terakhir kali menelan kekalahan saat menjamu Real Betis, 11 bulan lalu.

Perihal mencetak gol di kandang, Barca pun memimpin dengan 945 gol dalam 10 tahun terakhir. Real Madrid tertinggal 104 gol, Bayern ketiga dengan 726 gol, dan Man City keempat dengan 710 gol.

Sumber: Sport