FOLLOW US:


Carlos: Zidane Salah Satu yang Terbaik Sepanjang Masa

18-05-2020 18:41

 | Dimas Ardi Prasetya

Carlos: Zidane Salah Satu yang Terbaik Sepanjang Masa
Zinedine Zidane saat mencetak gol ke gawang Bayer Lleverkusen di final Liga Champions 2002 © La Liga

Bola.net - Legenda Real Madrid Roberto Carlos tanpa ragu melabeli Zinedine Zidane sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa dan tentunya, sosok pelatih yang brilian pula.

Zidane, semasa masih aktif bermain, merupakan playmaker yang sangat luar biasa. Kemampuannya mengolah bola tiada tandingannya.

Visinya juga sangat hebat. Ia mulai terkenal setelah gabung bersama Juventus pada tahun 1996. Zizou, begitu ia biasa dipanggil, menjadi playmaker yang mustahil untuk dihentikan.

Madrid tentu sangat tertarik kepadanya. Mereka kemudian merekrut playmaker timnas Prancis itu pada tahun 2001.

Perekrutannya saat itu memecahkan rekor transfer dunia. Ia direkrut dengan nilai sekitar 150 miliar lira atau sekitar 77,5 juta euro.

1 dari 2

Pendiam, Seniman, dan Terbaik

Roberto Carlos mengingat momen ketika Zinedine Zidane datang ke Real Madrid kala itu. Ia mengatakan bahwa Zidane kala itu datang dengan status pemain terbaik di dunia.

Meski demikian, Zidane bukan sosok yang banyak tingkah. Ia mengatakan Zizou hanya akan fokus menampilkan yang terbaik di lapangan bagi timnya.

Zidane juga tak cuma hebat sebagai pemain. Ia ternyata sangat jago kala menjadi pelatih dan hal tersebut sudah terbukti dengan kesuksesannya mempersembahkan tiga trogi Liga Champions beruntun bagi Los Blancos.

"Zizou tiba sebagai orang nomor satu di dunia. Ia bukan orang yang banyak bicara, jadi ia membiarkan sepak bolanya melakukan pembicaraan di lapangan," pujinya pada Goal.

"Ia seperti seorang seniman atau penari balet. Ia adalah salah satu yang terbaik sepanjang masa tanpa keraguan. Dan juga salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini," pujinya.

2 dari 2

Rahasia Kesuksesan Sebagai Pelatih

Roberto Carlos mencoba membeberkan apa rahasia kesuksesan Zinedine Zidane melatih di Madrid. Menurutnya ia berhasil karena menggunakan pengalamannya sebagai pemain. Selain itu, ia juga sangat mengenal Madrid.

"Ia hebat di sisi manusia. Ia menciptakan hubungan yang baik dengan para pemainnya dan ia tahu mental Real Madrid. Ia membuatnya lebih mudah bagi para pemain untuk bekerja dan ia tahu bagaimana mereka berpikir," tuturnya.

"Mereka sangat senang dengan Zidane sehingga mereka memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut; itu mengatakan banyak hal tentang dirinya!"

(goal)