FOLLOW US:


Dalam Diam, Ernesto Valverde Ternyata Menderita Jadi Pelatih Barcelona

22-08-2019 12:30

 | Richard Andreas

Dalam Diam, Ernesto Valverde Ternyata Menderita Jadi Pelatih Barcelona
Ernesto Valverde © AP Photo

Bola.net - Pelatih sepak bola, Ramon Catala, yang kini sedang terlibat dengan akademi Dynamo Kiev, merupakan salah satu pelatih yang sangat mengenal Ernesto Valverde. Dia buka suara tentang tekanan yang dihadapi Valverde selama menangani Barcelona.

Beberapa tahun lalu, kala Valverde masih di Espanyol, Catala merupakan salah satu asistennya dalam bidang kebugaran pemain. Meski sekarang berjalan ke arah berbeda, keduanya tetap terhubung.

Pada sesi wawancara dengan Esports Cope baru-baru ini, Catala menjelaskan bagaimana Valverde mengatasi momen-momen sulit. Juga cara Valverde menghadapi kritik terhadap gaya sepak bolanya.

Kira-kira apa yang dirasakan pelatih Barcelona? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Musim Buruk

Kali ini, Catala bicara soal reaksi Valverde usai musim 2018/19 lalu. Musim itu tidak terlalu buruk. Barca sempat berada di posisi meraih treble winners, tapi peluang itu berubah menjadi mimpi buruk hanya dalam tiga pekan.

"Masa karier Valverde di Barcelona telah berjalan sulit. Saya berbicara dengan dia tahun lalu dan dia mengaku sedang menjalani masa-masa sulit," tutur Catala.

"Sejak awal musim, topik yang dibahas adalah tentang identitas Barca, itu saja sudah sulit. Sekarang, dia diragukan lagi dan menderita karena itu."

"Sejujurnya, dia adalah pria yang selalu santai tetapi saya juga melihat dia sediki khawatir," lanjutnya.

2 dari 2

Pramusim Buruk

Lebih lanjut, Catala pun angkat bicara tentang pramusim Barca dewasa ini. Barca langsung menlaan kekalahan pada pekan pertama mereka di La Liga 2019/20 kontra Athletic Bilbao (0-1). Sebab itu, Catala merasa pramusim Barca berjalan buruk.

"Pramusim Barca juga berjalan rumit. Saya merasa tur pramusim itu lebih tentang memasarkan klub daripada mementingkan sisi keolahragaan," imbuh Catala.

"Tim Barca kesulitan menghadapi tim lawan yang lebih fit. Anda bisa melihat ini di laga melawan Bilbao, itu sangat sulit bagi Valverde. Meski punya pemain hebat, dia sulit membentuk tim," tutupnya

Sumber: Esports Cope