Kehebatan Diego Alves Raib di Hadapan Messi

20-03-2017 10:43
Kehebatan Diego Alves Raib di Hadapan Messi
Lionel Messi - Diego Alves © AFP

Bola.net - Diego Alves adalah salah satu kiper spesialis pembendung penalti terbaik di dunia. Namun, sepanjang catatan kariernya di La Liga, ada satu pemain yang selalu bisa mengoyak gawang Alves dari titik 12 pas.

Pemain itu adalah Lionel Messi dari Barcelona. Kehebatan penalty-saving kiper 31 tahun Brasil itu seolah raib di hadapan La Pulga.

Barcelona menang 4-2 menjamu Valencia di jornada 28 La Liga 2016/17, Senin (20/3). Dua dari empat gol Barcelona ke gawang Valencia yang dikawal Alves dicetak oleh Messi. Salah satu gol Messi lahir lewat eksekusi penalti.

Dengan gol penalti tersebut, berarti Messi sudah mengeksekusi empat penalti kontra Alves di La Liga dan keempat-empatnya terkonversi menjadi gol. Rekor penaltinya vs Alves di La Liga adalah 100 persen. Selain itu, Messi juga tercatat sebagai pemain yang paling sering mencetak gol penalti kontra Alves di kompetisi ini.


Statistik penalti Diego Alves di La Liga
Penalti yang ditepis: 19
Penalti yang gagal ditepis: 22.

Alves sudah menepis 19 penalti di La Liga. Termasuk di antaranya adalah penalti Frederic Kanoute, Fernando Llorente, Diego Costa, Ivan Rakitic, Carlos Bacca, Cristiano Ronaldo, Gabi hingga Antoine Griezmann. Namun, mantan kiper Almeria yang memperkuat Valencia sejak 2011 itu belum pernah bisa membendung penalti Messi di kompetisi ini.

Alves sudah empat kali dibobol Messi lewat eksekusi penalti di La Liga. Itu dimulai dari sejak Alves masih membela Almeria.

Gol penalti Lionel Messi (Barcelona) vs Diego Alves di La Liga
[2010/11] Barcelona 3-1 Almeria (1 gol penalti)
[2013/14] Barcelona 2-3 Valencia (1 gol penalti)
[2016/17] Valencia 2-3 Barcelona (1 gol penalti)
[2016/17] Barcelona 4-2 Valencia (1 gol penalti).





Messi pernah sekali gagal menaklukkan Alves dari titik putih, tapi bukan di La Liga, melainkan di semifinal Copa del Rey 2010/11. Waktu itu, Valencia imbang 1-1 menjamu Barcelona. Hasil imbang tersebut didapatkan Valencia salah satunya berkat kesigapan Alves dalam membendung penalti Messi di menit 57, saat skor sudah 1-1 (Jonas 27; Carles Puyol 35).

Alves memang salah satu pembunuh penalti terbaik di dunia. Namun, di La Liga, kehebatannya itu selalu raib di hadapan La Pulga. (opta/gia)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.


Tag la liga



Lihat Berita Liga Spanyol

- - -