FOLLOW US:


Melihat Performa Bagus Marc-Andre ter Stegen sebagai Kabar Buruk bagi Barcelona

25-10-2019 11:29

 | Asad Arifin

Melihat Performa Bagus Marc-Andre ter Stegen sebagai Kabar Buruk bagi Barcelona
Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, berduel dengan penggawa Borussia Dortmund, Marco Reus, di ajang Liga Champions. © AP Photo

Bola.net - Marc-Andre ter Stegen menunjukkan performa yang bagus pada musim 2019/2020. Jurnalis Marca, Luis F. Rojo, menyebut performa apik kiper asal Jerman tersebut sebagai kabar buruk bagi Barcelona.

Ter Stegen menunjukkan performa yang bagus saat Barcelona menang dengan skor 1-2 atas Slavia Praha, Kamis (24/10/2019) lalu di Liga Champions. Ter Stegen membuat rangkaian aksi penyelamatan untuk menghalau peluang lawan.

Dalam enam laga terakhir, saat Barcelona meraih kemenangan secara beruntun, Ter Stegen tampil bagus. Kiper berusia 27 tahun tersebut hanya kebobolan tiga gol saja. Ter Stegen mencatat tiga kali clean sheet untuk Barcelona.

Dengan catatan apik tersebut, Ter Stegen diklaim sebagai pemain kunci bagi Barcelona selain Lionel Messi. Performa apik Ter Stegen mengundang banyak pujian, tetapi juga dinilai mengundang masalah bagi Barcelona.

1 dari 2

Rangkaian Performa Bagus Ter Stegen

Ter Stegen sudah lima musim mengawal gawang Barcelona. Mantan kiper Borussia Monchengladbach tersebut tampil gemilang. Bukan hanya piawai menyelamatkan gawang, tetapi dia juga bisa membantu tim dalam build up serangan.

Sebelum melawan Slavia Praha, Ter Stegen juga tampil bagus di laga melawan Borussia Dortmund. "Dia adalah pemain terbaik Barcelona, ​​membuat rekan senegaranya Marco Reus frustrasi karena ia gagal mengonversi empat peluang yang jelas, termasuk penalti," ucap Luis F. Rojo.

Luis F. Rojo juga menilai Ter Stegen tampil bagus saat Barcelona menang 2-1 atas Inter Milan. Walau pada akhirnya kebobolan satu gol, Ter Stegen mampu mengagalkan peluang sundulan Lautaro Martinez, yang bisa saja membuat Barca tertinggal 2-0 di Camp Nou.

Berkat performa apik Ter Stegen di Liga Champions, Barcelona mampu meraih hasil positif. Los Cules berada di posisi puncak klasemen Grup F dengan meraih tujuh poin. Barca unggul tiga poin dari Inter Milan dan Dortmund.

2 dari 2

Potensi Bahaya dari Performa Apik Ter Stegen

Dari sudut pandang lain, Luis F. Rojo, menilai ada potensi bahaya dari performa apik Marc-Andre Ter Stegen. Sebab, semakin banyak kiper melakukan penyelamatan, maka ada masalah yang terjadi pada barisan pemain belakang.

"Sangat bagus untuk memiliki kiper yang hebat, tetapi fakta bahwa ia terus bersinar adalah indikasi yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah," ucap Luis F. Rojo.

"Tim lawan menciptakan peluang dengan begitu mudah. Slavia Praha bukan Liverpool, Manchester City atau Paris Saint-Germain, namun mereka menciptakan 20 tembakan ke gawang. Hal serupa terjadi terhadap Borussia Dortmund."

"Artinya Ernesto Valverde harus bekerja untuk memperbaiki situasi itu karena dia sudah tahu dia tidak bisa menang di Eropa dengan bermain seperti ini," tegasnya.

Barisan pertahanan Barcelona dinilai memang cukup rentan. Gerard Pique belum berada dalam performa terbaik, sebab dia mulai sering lengah dan kalah ketika harus berhadapan dengan para pemain dengan kecepatan yang tinggi.

Sumber: Marca