FOLLOW US:


Menantikan Sepak Bola Indah Quique Setien di Barcelona

15-01-2020 10:43

 | Gia Yuda Pradana

Menantikan Sepak Bola Indah Quique Setien di Barcelona
Pelatih Barcelona, Quique Setien © AP Photo

Bola.net - Ernesto Valverde telah dipecat oleh Barcelona. Quique Setien sudah ditunjuk untuk menggantikannya. Bersama pelatih baru pengagum Johan Cruyff ini, Barcelona diyakini akan memainkan sepak bola yang indah.

Menurut pakar sepak bola Spanyol, Graham Hunter, ide mengangkat Setien sebagai pelatih Barcelona adalah ide yang sangat menarik. Selama para pemain bisa memahaminya, hasilnya bisa positif.

Setien sudah resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona. Hunter percaya bahwa Setien akan mencoba mengimplementasikan gaya sepak bola berdasarkan tim legendaris Cruyff yang meraih empat titel La Liga beruntun antara 1991 dan 1994.

"Ketika masih bermain sebagai gelandang, dia bermain melawan dream team-nya Johan Cruff di Barcelona," kata Hunter, seperti dilansir Sky Sports.

Scroll terus ke bawah.

1 dari 2

Mempelajari Sepak Bola Cruyff

Setien adalah mantan gelandang Spanyol yang pernah memperkuat klub-klub seperti Racing Santander, Atletico Madrid hingga Levante antara 1977 dan 1996.

"Dia bilang kalau dia mendapatkan ilmu sepak bolanya setelah dipaksa mengejar-ngejar pemain seperti Pep Guardiola dan Txiki Begiristain ke seluruh penjuru lapangan. Dia benci itu," lanjut Hunter.

"Dia mempelajari sepak bola Cruyff dan kemudian dikenal di beberapa klub, ketika melatih Las Palmas dan kemudian melatih Real Betis."

"Di bawah Quique Setien, Real Betis main ke Real Madrid dan mengalahkan mereka dua kali secara beruntun. Mereka tak mampu melakukan beberapa dekade lamanya."

2 dari 2

Ide yang Sangat Menarik

"Dia juga menang 4-3 di Camp Nou. Dia adalah pelatih domestik terakhir yang datang ke Camp Nou dan mengalahkan Barcelona. Itu terjadi pada November 2018. Dia adalah orang yang percaya pada sepak bola yang mengalir indah," imbuh Hunter.

Kemenangan 4-3 di Camp Nou itu diraih Setien bersama Betis pada pekan ke-12 La Liga 2018/19. Waktu itu, Barcelona dilatih Valverde.

"Dia sama sekali tak pernah bermain dengan Cruyff, atau sampai harus bilang pada Cruyff kalau dia rela memotong salah satu jarinya agar bisa bekerja dengannya. Dia benar-benar pengagum ide Cruyff tentang menguasai bola, memaksa lawan berlari, menggunakan seluruh penjuru lapangan, menekan lawan, dan bermain dengan penempatan posisi."

"Jika dia dipercaya memimpin sebuah grup yang memahaminya, maka sepak bola yang Anda dapatkan adalah sepak bola yang benar-benar indah. Ini sungguh ide yang menarik," pungkas Hunter.

Sumber: Sky Sports

Menurut Bolaneters, akankah semua optimisme seputar Setien ini jadi kenyataan? Suarakan pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah ini.