FOLLOW US:


Punya Lionel Messi, Seharusnya Barcelona Raih Lebih Banyak Trofi UCL

21-05-2020 05:40

 | Richard Andreas

Punya Lionel Messi, Seharusnya Barcelona Raih Lebih Banyak Trofi UCL
Lionel Messi menunjukan trofi Ballon dOr 2019 ke publik Camp Nou sebelum laga Barcelona vs Real Mallorca, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Memiliki megabintang sekelas Lionel Messi adalah sebuah kemewahan untuk Barcelona. Jelas, Messi adalah pemain terbaik dalam belasan tahun terakhir, nyaris tanpa tandingan.

Kendati demikian, torehan trofi Barca dengan pemain sekelas Messi diyakini bisa lebih baik lagi. Bukan berarti trofi Barca tidak banyak, hanya masih bisa lebih baik lagi.

Pandangan di atas justru disampaikan oleh mantan rekan setim Messi, Andres Iniesta. Ya, legenda Barca ini menyayangkan koleksi trofi Blaugrana yang kurang maksimal.

Bagi Iniesta, kekurangan ini terletak pada torehan trofi Liga Champions mereka. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Kegagalan di Argentina

Iniesta bicara dalam konteks perbandingan torehan Messi di level klub dengan tim nasional. Sudah jadi rahasia umum bahwa Messi tidak benar-benar dianggap legenda di Barca, justru dianggap sebagai kegagalan.

Iniesta tidak benar-benar tahu alasannya. Kegagalan Messi di timnas aneh, tapi itu tak lantas mengurangi kualitas Messi sendiri.

"Sebenarnya saya terkejut melihat Argentina punya banyak pesepak bola hebat, tim dengan pemain-pemain spektakuler, dan punya, bagi saya, pemain nomor satu di dunia [Messi]," buka Iniesta kepada Ole via Goal internasional.

"Memang mereka belum sukses, tapi apa yang terjadi kontra Jerman (takluk 0-1 di final Piala Dunia 2014), sebagai contoh, terjadi karena hal-hal kecil. Ada momen kecil yang mengubah keseimbangan tim. Jika keduanye bertanding lagi, mungkin hasilnya bakal berbeda."

2 dari 2

Karena Leo, tapi Kurang

Lebih lanjut, Iniesta akhirnya melontarkan pengakuan tentang kerberhasilan Barca beberapa tahun terakhir. Dia mengakui bahwa Barca bisa begitu sukses beberapa tahun terakhir karena keberadaan pemain sekelas Messi, tapi tetap saja masih kurang.

"Saya juga merasa bahwa Barca bisa berada di level sebaik ini karena mereka punya Leo dalam waktu yang sangat lama. Empat trofi Liga Champions telah diraih, tapi dengan tim seperti itu dan bisa mengandalkan Leo, jelas seharusnya mereka bisa lebih banyak meraih gelar itu," imbuh Iniesta.

"Namun, inilah sepak bola. Lawan pun bermain, mereka juga sangat bagus dan hal yang penting adalah memaksimalkan momen ketika Anda bisa jadi juara," tutupnya.

Sumber: Goal