FOLLOW US:


Vidal Cedera Panjang, Barcelona Mendapat Hak Istimewa Beli Pemain

13-02-2017 01:10

 | Aleix Vidal

Vidal Cedera Panjang, Barcelona Mendapat Hak Istimewa Beli Pemain
© AFP

Bola.net - Barcelona mendapatkan pukulan keras dalam pertandingan melawan Deportivo Alaves. Di laga dalam ajang La Liga itu, Barcelona harus kehilangan bek kanan mereka; Aleix Vidal yang mengalami cedera ankle parah.

Vidal segera menjalani pemeriksaan menyeluruh dan dinyatakan harus menjalani operasi. Barcelona pun langsung melakukan operasi dan Vidal sudah boleh keluar dari rumah sakit pada hari Minggu waktu setempat. Hanya saja, Vidal masih harus menjalani pemulihan lagi selama kurang lebih lima bulan.

Lamanya waktu pemulihan itu secara efektif membuat musim Vidal berakhir lebih cepat. Vidal tak akan bisa bermain lagi bagi Barcelona musim ini, ia kemungkinan baru akan bisa bergabung ke tim dalam persiapan pramusim mendatang.

Kehilangan Vidal tentu menjadi pukulan yang cukup telak bagi Barca. Performa Vidal terus mengalami peningkatan setelah sebelumnya nyaris tak mendapat kesempatan bermain. Ia mulai nyaman bermain di tim Barca dan bahkan sudah mulai bisa merebut tempat Sergi Roberto di posisi bek kanan. Cedera Vidal ini membuat Barcelona kehilangan kedalaman tim di posisi bek kanan.

Barca pun kini bisa memanfaatkan hak istimewa untuk membeli atau meminjam pemain meski bursa transfer sudah ditutup. Liga Spanyol memang memiliki aturan khusus yang hanya berlaku di negara itu. Klub yang kehilangan pemain akibat cedera sampai akhir musim diperbolehkan membeli pemain pengganti meski bukan pada bursa transfer.

Namun transfer istimewa ini memiliki batasan. Pemain yang didatangkan harus berasal dari Liga Spanyol atau sedang dalam status bebas transfer. Pemain yang dibeli itu nantinya juga hanya bisa dimainkan di kompetisi sepakbola Spanyol, La Liga dan Copa del Rey.

Kehadiran pemain baru nanti secara otomatis akan menggantikan slot pemain yang mengalami cedera tersebut. Hak transfer istimewa ini berlaku bagi semua klub di Spanyol. Barcelona bahkan pernah meminjamkan Andreu Fontas ke Osasuna pada Oktober 2012 silam setelah Osasuna kehilangan Joao Victor yang mengalami cedera lutut parah dan harus absen lama.