FOLLOW US:


Beda Kepentingan Timnas Indonesia U-23 dan Lawan-lawan di Turnamen CFA

11-10-2019 10:42

 | Gia Yuda Pradana

Beda Kepentingan Timnas Indonesia U-23 dan Lawan-lawan di Turnamen CFA
Latihan Timnas Indonesia U-23 © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di ajang CFA International Football Tournament 2019. Turnamen ini digelar di Wuhan, China, dari 11-15 Oktober 2019. Tim Merah-Putih bakal bersaing dengan tiga lawan sulit, yakni China (tuan rumah), Arab Saudi, dan Yordania.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, menjadikan turnamen ini sebagai seleksi pemain buat kepentingan SEA Games 2019.

Sementara itu, Yordania, China dan Arab juga memiliki kepentingan dengan turun di turnamen ini. Sebab, pada 8-26 Januari 2020, ketiga negara di atas akan turun di Piala Asia U-23 2020 yang digelar di Thailand.

Format CFA International Football Tournament 2019 round robin. Di mana semua tim akan saling bertemu dengan menggunakan sistem ranking klasemen.

Indra Sjafri, membawa 26 pemain ke China untuk mengikuti turnamen CFA. Termasuk di antaranya Andy Setyo, Syahrian Abimanyu, dan Egy Maulana Vikri, pemain yang jadi pelanggan setiap Indra menukangi timnas level junior.

Arsitek berusia 56 tahun tersebut juga menyertai Bagas Adi Nugroho dalam lawatan ke China kendati sang pemain sempat dikabarkan dalam kondisi kurang fit.

1 dari 2

Fisik dan Kebugaran

"Kami sudah kerucutkan pemain untuk gelaran turnamen di China. Saat ini sudah ada 26 nama pemain yang berangkat ke China. Semoga kami bisa berbicara banyak di ajang tersebut," ujar Indra Sjafri dinukil dari laman PSSI.

"Selama pemusatan latihan, kami tidak memperbaiki kondisi fisik mereka karena saya menilai kebugaran mereka sudah terjaga di klub saat mereka melakukan kompetisi Shopee Liga 1 2019. Individual taktikal juga tak diberikan. Taktik menyerang dan bertahan memang menjadi menu latihan wajib kami, untuk menghadapi turnamen di China," jelas eks arsitek Timnas Indonesia U-19 itu.

Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi China pada partai pertama CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019, 11 Oktober 2019. Dua hari berselang, tim berjulukan Garuda Muda ini telah ditunggu Yordania.

Arab Saudi akan menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia U-23 di CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019. Partai tersebut akan digelar pada 15 Oktober mendatang.

2 dari 2

Ratakan Jam Terbang

Jajaran staf pelatih Timnas Indonesia U-23 memanfaatkan turnamen di China sebagai panggung kemampuan beberapa pemain yang selama ini jarang mendapatkan kesempatan, di antaranya David Rumakiek, Alex van Djin, Irkham Zahrul, Mohammad Sidik Saimima, Natanael Siringo, dan Rendy Oscario.

"Dalam turnamen di China, kami ingin melihat beberapa pemain yang belum banyak bermain pada pertandingan internasional. Kami bisa melihat mental mereka di situ, kesiapan mereka untuk menghadapi lawan-lawan yang lebih baik dari kompetisi," ujar Nova Arianto, asisten pelatih Timnas Indonesia U-23.

"Ada beberapa pemain baru juga yang ikut kami. Jadi, saya rasa ini bisa menjadi ajang mereka untuk unjuk gigi dan memberikan nilai positif yang mereka miliki kepada kami," tutur Nova.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia

Published: 11 Oktober 2019