FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Indonesia U-23 vs Vietnam U-23: Skor 0-1

24-03-2019 21:57

 | Indra Sjafri

Hasil Pertandingan Indonesia U-23 vs Vietnam U-23: Skor 0-1
Timnas Indonesia U-u23. © Bola.com/Zulfirdaus Harahap

Bola.net - Kalah Lagi, Peluang Lolos pun Sirna

Timnas Indonesia U-23 dikalahkan oleh timnas Vietnam U-23 dengan skor 0-1 di laga kedua Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di My Dinh Stadium, Minggu (24/03).

Pertandingan berlangsung dengan tempo cukup cepat, serta disertai banyak benturan antar pemain. Hal ini tak lepas dari determinasi pemain Indonesia untuk bisa meraih tiga poin.

Sejumlah peluang bermunculan dari kedua tim. Namun pada akhirnya hanya ada satu gol yang tercipta yakni melalui sundulan Trieu Viet Hong memanfaatkan sepak pojok pada menit 90+4.

1 dari 3

Babak Pertama


Indonesia tentu langsung bermain dengan ngotot sejak laga dimulai. Pasalnya mereka butuh kemenangan demi menjaga peluang lolos.

Penampilan Indonesia pun cukup lumayan. Akan tetapi mereka kesuitan untuk menembus pertahanan Vietnam yang bermain dengan lebih tenang dan taktis.

Dan pada menit ke-10, Umpan silang Firza nyaris berbuah menjadi gol. Beruntung sapuan tidak sempurna Nguyen Tnanh melenceng tipis dari gawangnya sendiri.

Pada menit ke-21 Nguyen Tnanh berhasil melompat lebih tinggi untuk meneruskan sepakan bebas Nguyen Quang. Namun beruntung bola masih tak menemui sasaran.

Indonesia kemudian sedikit terlepas dari dominasi Vietnam setelah laga berlangsung sekitar 30 menit. Beberapa serangan pun dilancarkan akan tetapi tak ada yang benar-benar bisa menembus pertahanan kuat sang tuan rumah.

Pada menit ke-40, free kick Nguyen Quang berhasil dihalau oleh Satria Tama, tetapi bola masih bergulir liar. Untungnya Nurhidayat berhasil menghalau bola sebelum kembali mengancam gawang Indonesia.
Peluang kembali didapat oleh Vietnam saat Nguyen Quang melepaskan tembakan langsung ke arah gawang dari sepakan sudut. Satria Tama berhasil menepisnya, tetapi bola liar mengarah kepada Ha Duc.

Ia kemudian menendangnya dengan keras dari tepi kotak penalti tetapi untung bola masih melayang melebar. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

2 dari 3

Babak Kedua


Pertandingan berlangsung makin seru pada babak kedua. Peluang demi peluang didapatkan oleh kedua kubu.

Indonesia mendapat peluang apik pada menit ke-54. Kerja sama Sani Rizki dan Osvaldo diteruskan oleh Egy. Namun sepakan pemain yang bermain di liga Polandia ini masih bisa digagalkan penjaga gawang lawan.

Tiga menit berselang, Vietnam giliran mendapat peluang melalui Nguyen Hoang. Ia menendang bola dari luar kotak penalti namun untung bola masih bisa dihalau oleh Satria Tama.

Pada menit ke-60, Indonesia mendapat peluang lagi. Tien Dung melakukan kesalahan saat menerima bola backpass sehingga dan bola berhasil dicuri oleh Marinus. Dan setelah melakukan aksi tipuan, ia melepas tendangan keras ke arah gawang. Namun bola masih bisa dihadang oleh kiper lawan, Tien Dung.

Empat menit berselang, Thanh Bihn sukses mengecoh Bagas Adi. Namun bola sepakannya ternyata gagal menemui sasaran meski melayang kencang.

Indra Sjafri kemudian mencoba melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Saddil untuk menggantikan Witan serta GIan Zola untuk menggantikan Osvaldo. Egy pun ditarik keluar dan digantikan Dimas Drajad.

Jual beli serangan pun masih terus terjadi. Demikian juga dengan benturan antar pemain. Namun kedua tim akhirnya sama-sama kesulitan untuk bisa memaksimalkan peluang yang mereka miliki.

Namun jelang laga berakhir, Vietnam malah makin dominan. Indonesia pun kesulitan untuk melakukan serangan. Vietnam pun akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-90+4 melalui tandukan Trieu Viet Hong, memanfaatkan tendangan pojok.

Gol ini menjadi penutup pertandingan. Indonesia U-23 pun takluk dengan skor 0-1. Hasil ini memastikan skuat Garuda Muda tersingkir. Sebab Vietnam mengemas enam poin sementara Thailand juga mengemas jumlah yang sama usai membantai Brunei Darussalam 8-0.

3 dari 3

Susunan Pemain


Indonesia (4-3-3): Satria Tama, Nurhidayat, Bagas Adi (C), Asnawi, Firza, M. Luthfi, Sani Fauzi, Egy, Witan, Osvaldo Haay, Marinus.

Cadangan Indonesia: M. Riyandi, Andy Setyo, M. Rafi, Dimas Drajad, Awan Setho, Rian, Saddil, Christianson, Freddyan, Gian Zola, Hanif, I Kadek Agung.

Vietnam (5-4-1): Tien Dung, Do Tnanh, Huynh Tan, Ho Tan, Doan Van, Nguyen Tnanh, Trieu Viet, Truong Van, Nguyen Hoang, Nguyen Quang Hai (C), Ha Duc.

Cadangan Vietnam: Bui Dung, Tran Tnanh, Le Xuan Tu, Dinh Tnanh, Nguyen Van, Tran Danh, Nguyen Duc, Mac Duc, Le Van, Tran Dinh, Phan Van, Nguyen Van.