FOLLOW US:


Jangan Minder Hadapi Korsel, Indonesia Pernah Juara

12-10-2013 14:17

 | Evan Dimas

Jangan Minder Hadapi Korsel, Indonesia Pernah Juara
Bola.netBola.net - Evan Dimas dkk tak perlu merasa silau melihat prestasi Korea Selatan yang sudah 12 kali menjuarai Piala AFC. Indonesia juga pernah menjadi jawara di ajang yang sama pada tahun 1961 silam.

52 Tahun lalu Indonesia termasuk salah satu tim yang ditakuti tak hanya di level Asia Tenggara, tetapi juga di Asia. Di tangan pelatih asal Yugoslavia, Antun Pogacnik, Indonesia muda berhasil menjadi yang terbaik di kawasan Asia. Bahkan mengungguli Korea Selatan yang saat itu harus puas menjadi runner up Grup A di bawah Indonesia yang keluar sebagai juara grup.

Djamiaat Dhalhar dan Maulwi Saelan menjadi tangan kanan Pogacnik untuk meracik skuat Indonesia Muda. Sebanyak 18 nama berjuang di Bangkok, Thailand untuk mengharumkan nama baik bangsa. Mereka adalah, Hardi Purnomo, Faisal Jusuf, Sonny Sandra, Idris Mappakaja, Rasjid Dahlan, Ipong, Agam, Djumadio, Andjiek Alinurdin, Bob Hippy, Kuswanadji, Pirngadi, Suwardjo, Bogor, Saptono, Hussein, Supparno dan Willem Souw.

Di tahun berikutnya, 1962, Indonesia menduduki peringkat ketiga. Sementara Indonesia berhasil keluar sebagai runner up di ajang ini sebanyak dua kali pada tahun 1967 dan 1970.