FOLLOW US:


Kalah dari Villa 2000, Timnas Indonesia Wanita Disebut Tak Percaya Diri

23-04-2018 12:11
Kalah dari Villa 2000, Timnas Indonesia Wanita Disebut Tak Percaya Diri
Timnas Indonesia Wanita © Nick Hanoabutun/Bola.com

Bola.net - Timnas Indonesia Wanita mengalami kekalahan 1-2 ketika menghadapi Villa 2000 dalam laga ujicoba yang berlangsung di Lapangan Nirwana Sawangan Park, Kamis (19/4). Satia Bagdja yang bertindak sebagai pelatih, menyebut bahwa timnya kurang percaya diri.

Villa 2000 yang merupakan lawan dari Timnas Indonesia Wanita tersebut sebenarnya bermaterikan pemain putra usia remaja. Tujuan dari ujicoba ini adalah untuk memberikan tekanan kepada anak-anak Timnas wanita.

Namun kekalahan 1-2 dari Villa 2000 cenderung hasil yang baik mengingat dalam laga uji coba kontra sebuah tim putra di awal pemusatan latihan, Timnas Wanita Indonesia kalah 0-4.

Selain itu, Timnas Wanita Indonesia juga sempat menang 3-2 menghadapi Indonesia Football Ambassador yang bermaterikan pemain-pemain legenda sepak bola Indonesia dalam laga uji coba yang digelar di Lapangan ABC Senayan.

Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja, mengakui tim asuhannya masih terkendala dalam kepercayaan diri dalam pertandingan yang berpengaruh kepada bagaimana pemain mengambil keputusan ketika menguasai bola.

"Permasalahannya masih terkait kepribadian, lebih tepatnya masalah kepercayaan diri. Ini memang harus dilatih karena juga menentukan soal bagaimana mereka mengambil atau memilih keputusan, seperti ketika tidak harus melakukan dribel tapi justru melakukannya padahal hanya tinggal memberikan umpan kepada teman di depan," ujar Satia Bagdja.

"Masalah keputusan ini memang masih perlu diasah. Ini terkait dengan kemampuan mereka untuk memutuskan kapan mereka harus melakukan passing, kapan mereka harus melakukan dribel. Sampai saat ini, hal itu yang menjadi kelemahan tim ini. Secara teknis mereka bagus, tapi karena masalah pengambilan keputusan itu, jadi terlihat mereka bermain seperti menghafal, bukan melihat permainan berdasarkan situasional," lanjutnya.

Timnas Wanita Indonesia melakukan pemusatan latihan sejak 6 Maret 2018 untuk mempersiapkan diri tampil di Piala AFF Wanita 2018 yang digelar di Palembang pada 30 Juni 2018 dan juga Asian Games 2018 yang akan digelar pada Agustus mendatang.

Untuk Piala AFF Wanita 2018, Timnas Wanita Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Pada akhir bulan Mei nanti, Timnas Indonesia Wanita rencananya akan menjalani laga ujicoba menghadapi Timnas Thailand Wanita. Namun sebelum itu, Bagdja berharap mendapatkan lawan tim luar negeri yang lebih rendah kelasnya daripada Thailand.

Sumber: Bola.com