Ketua PSSI Akui Dapat Kucuran Dana Rp50 Miliar dari Pemerintah untuk Timnas Indonesia

Asad Arifin | 19 Januari 2022 14:29
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Dok. PSSI

Bola.net - PSSI mengakui mendapat kucuran dana dari pemerintah untuk operasional Timnas Indonesia. Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut dana yang mengucur dari pemerintah mencapai Rp50 miliar dalam dua tahun terakhir.

Timnas Indonesia punya cukup banyak program dalam dua tahun terakhir. Bukan hanya pada level senior, Timnas Indonesia U-19 juga sempat menjalani pemusatan latihan di Kroasia selama dua bulan.

Lalu, pada 2021, Timnas Indonesia juga menjalani pemusatan latihan di Turki. Ini adalah bagian dari persiapan tim racikan Shin Tae-yong untuk berlaga pada ajang Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura lalu.

1 dari 2 halaman

Dapat Dana dari Pemerintah

Timnas Indonesia di laga di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium, Singapura (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Iriawan mengakui PSSI mendapat aliran dana dari pemerintah. Menurut pria yang karib disapa Iwan Bule itu, pemerintah lewat presiden Joko Widodo meminta Menpora Zainudin Amali untuk membantu program Timnas Indonesia.

"Saya terima kasih pada pak presiden, beliau perhatian dengan tim nasional. Tahun-tahun ini, dua tahun ini beliau yang bantu," buka Iwan Bule dalam podacst di akun Youtube Deddy Corbuzier.

"Kalau tanpa beliau mungkin timnas kita tidak bisa berbuat seperti kemarin (di Piala AFF 2020)," sambung Iwan Bule.

Timnas Indonesia meraih prestasi yang cukup bagus di Piala AFF 2020. Walau gagal menjadi juara, Skuad Garuda mendapat apresiasi yang cukup lantaran mampu meraih posisi runner-up dengan skuad yang cukup muda.

2 dari 2 halaman

Dapat Rp50 Miliar

Menurut Iwan Bule, dana yang dibutuhkan PSSI untuk kegiatan Timnas Indonesia cukup besar. PSSI, dengan segala kendala yang dihadapi selama Covid-19, tidak punya dana untuk operasional Timnas. PSSI pun mendapat dukungan dari pemerintah.

"Beliau (presiden) dalam rapat terbatas perintahkan pada Pak Menpora untuk mem-backup Tim Nasional kita karena kita tidak ada uang," kata Iwan Bule.

"Cukup besar, kemarin beliau bantu hampir 50 miliar untuk Tim Nasional ada yang persiapan Piala Dunia, yang U-18 namanya. Tadinya tahun 2021 kan Piala Dunia. Itu latihan di Kroasia selama dua bulan," sambung Iwan Bule.

Sumber: YouTube Deddy Corbuzier

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR