Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Panggil 2 Pemain per Klub, Bisakah Lebih?

Richard Andreas | 24 November 2021 14:52
Pemain Timnas Indonesia ketika menjalani sesi latihan di hari pertama pemusatan latihan di Turki jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia bisa mendapatkan dorongan ekstra dalam membentuk skuad menjelang Piala AFF 2020 nanti. Shin Tae-yong mungkin bisa memanggil lebih banyak pemain yang menurutnya layak.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan membuka kemungkinan untuk melonggarkan kebijakan terkait pembatasan pemanggilan pemain per klub oleh Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hanya boleh memanggil maksimal dua pemain per klub BRI Liga 1 2021/2022, dalmam menjalani pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Turki pada November 2021.

Kegiatan Timnas Indonesia di Turki itu bertujuan untuk mematangkan persiapan menjelang Piala AFF di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Saat ini, Timnas Indonesia berkekuatan 23 pemain di Turki. Tim berjulukan Skuad Garuda itu diperbolehkan untuk mendaftarkan hingga 30 nama di Piala AFF.

Dari tujuh slot yang tersisa, tiga di antaranya kemungkinan menjadi milik Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, dan Syahrian Abimanyu.

Dengan demikian, Timnas Indonesia masih kekurangan empat nama untuk Piala AFF. Ada kemungkinan Skuad Garuda bakal memanggil pemain tambahan dari klub yang telah menyumbangkan dua personilnya untuk negara.

"Waktu hasil rapat dengan PT Liga Indonesia Baru, akan ada penambahan pemain dari klub-klub yang memang Shin Tae-yong inginkan pemainnya," kata Iriawan.

"Mungkin nanti kompetisi diundur dan akan ada jeda waktu Timnas Indonesia mengambil pemain dari klub untuk Piala AFF," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Sementara itu, Timnas Indonesia telah ditunggu Myanmar dalam uji coba keduanya di Turki. Skuad Garuda bakal melakoni partai itu pada Kamis (25/11/2021) malam WIB.

1 dari 1 halaman

Jadwal dan Hasil Uji Coba Timnas Indonesia

16 November 2021

  • Timnas Indonesia 0-1 Afghanistan

25 November 2021

  • Timnas Indonesia vs Myanmar

28 November 2021

  • Timnas Indonesia vs Antalyaspor

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Rizki Hidayat), 24 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR