FOLLOW US:


Rahmad Darmawan Enggan Terbuai Catatan Negatif Kamboja

06-12-2013 18:20

 | Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan Enggan Terbuai Catatan Negatif Kamboja
Pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan © Eggi Paksha
Bola.netBola.net - Tim nasional Indonesia U-23 akan menghadapi Kamboja dalam SEA Games 2013, di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar, Senin (9/12)

Skuad arahan Rahmad Darmawan, diuntungkan sederet catatan negatif Kamboja. Sehingga, Andik Vermansyah dan kawan-kawan bisa berpesta gol tanpa balas dari The Royal Khmer Angkor Warriors- julukan Kamboja.

Asa untuk meraih kemenangan memang terbuka lebar bagi Garuda Muda, apalagi Kamboja tak didukung faktor sejarah yang mencatat mereka belum pernah lolos dari fase penyisihan grup dan baru satu kali memetik kemenangan. Yakni, dari Timor Leste dengan skor 4-1, pada SEA Games 2009 di Laos.

Dalam fase persiapan menuju SEA Games 2013, skuad yang diarsiteki Lee Tae-hoon juga menjalani serangkaian uji coba internasional. Hasilnya, Kamboja mengalami dua kali kekalahan dari Singapura. Masing-masing dengan skor 1-0. Lalu, bermain imbang 1-1 melawan tim lokal Vietnam, Ho Chi Minh City FC.

Sementara pertemuan Indonesia kontra Kamboja sejak SEA Games 2001 hingga 2011, sudah terjadi sebanyak dua kali. Hasilnya, Indonesia sukses meraih kemenangan di babak penyisihan grup.

"Meski begitu, tidak mengurangi semangat kami untuk tampil serius. Apalagi, sejak awal kami tidak ingin menganggap enteng setiap lawan. Selain itu, Kamboja memiliki pengembangan usia dini yang sangat bagus," kata Rahmad Darmawan.

"Kami mengamati, Kamboja mulai berani memainkan sepak bola modern dan mulai melakukan banyak perubahan," tuntasnya.