Sandy Walsh dan Mees Hilgers Bersedia Dinaturalisasi, tapi Belum Bisa Main di Piala AFF 2020

Gia Yuda Pradana | 24 November 2021 15:17
Sandy Walsh (c) Instagram/@sandywalsh

Bola.net - Pendekatan terhadap empat pemain keturunan Indonesia yang dimintakan naturalisasi oleh Shin Tae-yong mulai berbuah hasil. Dari empat nama, ada dua yang sudah menyatakan bersedia dinaturalisasi.

Dua pemain tersebut yaitu Sandy Walsh dan Mees Hilgers. Kabar ini disampaikan oleh Hasani Abdulgani selaku Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, yang ditugasi untuk mengawal proses naturalisasi.

"Pada prinsipnya empat pemain itu berminat. Tapi yang sudah kasih respons baru Sandy Walsh dan Mees Hilgers," ujar Hasani, saat dihubungi wartawan, Rabu (24/11/2021).

"Kalau Jordi Amat dan Kevin Diks, sudah ada pembicaraan dengan agennya. Tapi agen butuh waktu untuk bicara kepada pemainnya," katanya menambahkan.

Soal garis keturunan dari Indonesia, PSSI memastikan keempat pemain tersebut memilikinya. Jadi, tidak ada kasus seperti Marc Klok yang sudah telanjur dinaturalisasi, tapi tidak memenuhi syarat seperti yang ditetapkan FIFA, karena tak bisa membuktikan punya garis keturunan Indonesia.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Tidak Bisa untuk Piala AFF 2020

Mees Hilgers (c) FC Twente Official

Sementara itu meski Sandy Walsh dan Mees Hilgers mau dinaturalisasi, keduanya belum bisa dimainkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Ajang ini akan berlangsung di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

"Proses naturalisasi pemain tidak gampang. Perlu waktu terkait administrasi. Semua dokumen harus lengkap," ucap Hasani.

Oleh karena itu di Piala AFF 2020, Sandy Walsh dan Mees Hilgers hanya bisa jadi penonton. Paling cepat baru bisa dimainkan Timnas Indonesia saat Kualifikasi Putaran Ketiga Piala AFC 2023.

2 dari 2 halaman

Menambah Kekuatan Lini Belakang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Sandy Walsh dan Mees Hilgers adalah pemain yang menempati posisi sebagai bek. Sandy Walsh kelahiran Belgia, sementara Mees Hilgers dari Belanda.

Mees Hilgers saat ini tercatat sebagai pemain FC Twente, dengan nomor punggung 35. Sedangkan Sandy Walsh penggawa KV Mechelen, dengan nomor punggung 5.

Jika sudah resmi dinaturalisasi, kehadiran keduanya bisa menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia. Selama ini, para pemain belakang yang ada di kompetisi Indonesia, mungkin dinilai masih kurang oleh Shin Tae-yong.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR