FOLLOW US:


Timnas Indonesia Sulit Cari Penyerang, Ini Solusi Aji Santoso

20-06-2018 13:59
Timnas Indonesia Sulit Cari Penyerang, Ini Solusi Aji Santoso
Timnas Indonesia © AFP

Bola.net - Aji Santoso membeber solusinya untuk mengatasi kelangkaan sosok penyerang di Timnas Indonesia. Pelatih Persela Lamongan ini berharap agar regulasi yang mewajibkan untuk memainkan pemain muda kembali diterapkan.

"Menurut saya, akan bagus apabila regulasi untuk memainkan pemain U-23 diterapkan lagi," ujar Aji Santoso, pada Bola.Net.

"Sebenarnya, seperti musim lalu, yang mewajibkan tiga pemain U-23 dimainkan ini sangat bagus bagi sepak bola kita," ia menambahkan.

Namun, pelatih berusia 48 tahun ini memberikan catatan jika regulasi untuk mewajibkan pemain muda bermain ini kembali diterapkan. Satu hal, menurut Aji, yang harus diperhatikan adalah konsistensi.

"Nggak perlu banyak-banyak, nggak harus tiga, asalkan konsisten," tuturnya.

"Jadi, secara prestasi dapat, secara pembinaan untuk Tim Nasional juga dapat," ia menambahkan.

Sebelumnya, Timnas Indonesia kesulitan mencari sosok penyerang, yang diandalkan menggedor pertahanan lawan. Bahkan, untuk memperkuat Timnas U-22 -yang dipersiapkan mengikuti ajang Asian Games 2018- Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, memanggil penyerang naturalisasi Alberto Goncalves.

Usulan Aji terkait penerapan regulasi yang mewajibkan para pemain muda untuk mendapat jatah bermain di kompetisi Liga 1 ini sebelumnya sudah pernah direalisasikan pada musim 2017 lalu. Namun, waktu itu, baru separuh musim, regulasi tersebut ditangguhkan.

Lebih lanjut, Aji menyebut, secara kualitas, saat ini, masih belum ada sosok penyerang lokal yang menonjol seperti Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Julianto, atau pun Ricky Yakobi pada era mereka. Kemampuan para penyerang lokal, sambung Aji, masih rata-rata.

"Kalau penyerang lokal ini kualitasnya belum seimbang dengan pemain asing, ya mereka akan sulit mendapat kesempatan main," tandasnya.