Timnas Malaysia Akan Ganti Kipernya di Piala AFF 2020, Ada Apa Nih?

Dimas Ardi Prasetya | 8 Desember 2021 01:34
Laga antara Timnas Malaysia vs Kamboja di laga perdana Grup B Piala AFF 2020, Senin 6 Desember 2021. (c) www.aseanfootball.org

Bola.net - Timnas Malaysia akan memulangkan kipernya yakni Khairulazhan Khalid dari pentas Piala AFF 2020 dan menggantinya dengan kiper baru.

Pergantian kiper itu sendiri sudah diajukan oleh PSSI-nya Malaysia yakni FAM, pada Federasi Sepak Bola Asean, AFF. Pihak AFF pun sudah memberikan lampu hijau pada Harimau Malaya, julukan Timnas Malaysia, untuk mengganti penjaga gawangnya.

Pergantian ini memang tak bisa terelakkan. Pasalnya Khairulazhan terdeteksi terinfeksi virus Covid-19.

Selain Khairulazhan, masih ada satu pemain Malaysia lainnya yang juga terinfeksi virus tersebut. Pemain tersebut adalah Faisal Halim, winger Harimau Malaya.

1 dari 3 halaman

Malaysia Hanya Diizinkan Ganti Kiper

Namun demikian, Sekjen FAM Saifuddin Abu Bakar menjelaskan, izin hanya diberikan kepada Timnas Malaysia untuk mendatangkan satu pemain pengganti. Izin pergantian itu diberikan pada kiper saja dan bukan pada sang winger.

Saifuddin menambahkan, keputusan membawa kiper baru ke Singapura untuk Piala AFF 2020 tergantung sepenuhnya pada pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe.

"Saat ini kami sedang berhubungan dengan Cheng Hoe untuk mencari tahu siapa yang akan dibawa ke Singapura untuk menggantikan Khairulazhan," buka Saifuddin seperti dikutip dari bharian.com.

“Seperti yang saya informasikan sebelumnya, kedua pemain ini tidak dikarantina, tetapi dipisahkan. Artinya, jika hari ini dinyatakan negatif, mereka dapat segera bergabung dengan tim. Tapi kalau kami mendatangkan pemain (kiper baru) berarti Khairulazhan tidak bisa bermain lagi. Kami serahkan pada Cheng Hoe karena ia yang punya rencana ini," tuturnya.

“Namun, kita juga harus memahami bahwa proses masuknya orang (pemain) baru ke Singapura itu memakan waktu, ada prosesnya karena pemerintah Singapura harus memberikan izin kepadanya untuk masuk ke Singapura selain harus diisolasi selama 24 jam," seru Saifuddin.

2 dari 3 halaman

Bukan Sabotase

Selain itu, Saifuddin Abu Bakar menjelaskan, pihaknya tidak menganggap infeksi COVID-19 pada Khairulazhan Khalid dan Faisal Halim memiliki unsur sabotase. Namun ia juga mengaku tidak tahu bagaimana keduanya bisa terjangkit virus tersebut.

"Untuk penyebabnya, saya tidak bisa katakan dari mana, karena kami tidak tahu dari mana mereka mendapatkannya. Tapi semua spesifikasi yang diperlukan sudah kami periksa," terangnya.

Timnas Malaysia sendiri sudah menjalani laga perdananya di Grup B Piala AFF 2020. Mereka berduel melawan Kamboja dan menang dengan skor 3-1.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR