Kisah Kejayaaan Sriwijaya Menjadi Tema Pembukaan SEA Games

07-11-2011 21:45
Kisah Kejayaaan Sriwijaya Menjadi Tema Pembukaan SEA Games

Bola.net - Upacara Pembukaan SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (11/11) akan menampilkan sajian tarian menceritakan Kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa maritim di kawasan Asia Tenggara, kata koreografer tari, Alex Hassim.

"Akan ada beragam tarian pada acara pembukaan, salah satunya adalah menceritakan kejayaan kerajaan Sriwijaya dengan mengambil tema Kingdom of Sriwijaya," kata Alex di Palembang, Senin (07/11).

Menurut dia, tarian itu menceritakan kebesaran Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa daerah maritim di kawasan Asia Tenggara pada masa silam.

"Nanti tariannya akan menggambarkan asal muasal berdirinya Kota Palembang, dari masa kerajaan hingga tercipta bangunan-bangunan seperti sekarang ini," kata dia.

Dia melanjutkan, untuk itu pihaknya membuat miniatur kapal layar dengan dilengkapi tiga layar raksasa akan ditarik masuk ke lapangan dalam tarian dengan durasi 10-12 menit itu.

"Kapal layar utama beserta 11 kapal kecil lainnya, telah berada di Stadion Jakabaring sejak beberapa hari lalu. Dan kini sedang disempurnakan ornamen dan hiasan pendukungnya," kata dia.

Dia menambahkan, tarian yang ditampilkan tidak dapat secara lengkap menceritakan sejarah Kerajaan Sriwijaya, karena terdapat empat tarian lainnya yang juga akan ditampilkan.

"Itulah digunakan kapal sebagai menunjang tampilan, karena dengan adanya kapal maka suasana kejayaan Kerajaan Sriwijaya akan tergambar. Apalagi, kapal yang ditampilkan berukuran besar, dan merupakan kapal layar," ujar dia.

Dia mengungkapkan, kapal Sriwijaya itu akan masuk ke lapangan dan langsung disambut oleh ratusan penari yang dibayangkan sebagai rakyatnya.

"Banyak penari akan dilibatkan, nanti ada yang berperan sebagai pengawal kerajaan. Selain itu akan dibuat juga miniatur Sungai Musi yang membelah Kota Palembang," ujar dia.

Dia menambahkan, peserta tarian itu berjumlah 400 orang yang sebagian besar berasal dari pelajar dan mahasiswa Kota Palembang.

"Selain pelajar ada pula anggota TNI dari Yon Zikon 12 Palembang sekitar 200 orang akan berperan untuk melakukan gerakan sulit, seperti mengangkat properti tarian yang berat," ujar dia.

Menurut dia, selain merekrut penari dari Sumsel, pihaknya juga mendatangkan 40 orang penari dari Jakarta.

"Latihan telah dilakukan sejak 6 Oktober lalu. Memang waktunya sangat mepet untuk persiapan sebuah pagelaran skala internasional, namun tidak usah saling menyalahkan, yang terpenting dapat menyuguhkan tontonan menarik pada pembukaan SEA Games nanti," ujar dia.

Penanggung jawab acara pembukaan dan penutupan SEA Games, Helmi Yahya mengatakan, tarian dibawakan ribuan penari itu akan dilakukan di lapangan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang telah ditutupi kanvas.

"Konsep acara menggunakan elektrik kanvas, yang merupakan pertama kali di Indonesia. Pertunjukkan seperti itu telah digunakan di seluruh dunia untuk event-event berskala internasional seperti pembukaan Olimpiade dan Asia Games," ujar Helmi.

Menurut dia, elektrik kanvas itu dipinjam dari Australia, sementara untuk perakitan kembang api dengan mendatangkan tenaga ahli dari Amerika Serikat.

"Pembukaan nanti kurang lebih akan menyamai Asian Games di Beijing tahun 2010, karena memang berkiblat ke sana. Acara akan dibuat spektakuler dan megah," kata dia. (ant/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita SeaGames2011

- - -