FOLLOW US:


10 Pemain Asia dengan Market Value Paling Mahal (Bagian 2)

13-10-2020 13:56

 | Asad Arifin

10 Pemain Asia dengan Market Value Paling Mahal (Bagian 2)
Takumi Minamino © AP Photo

Bola.net - Sepak bola Asia berkembang pesat dengan beberapa talenta mampu menembus liga-liga top Eropa. Tidak kalah dengan pemain Eropa, pemain dari benua Asia pun banyak yang telah menjadi pilar timnya.

Dulu ada Park Ji Sung, pemain asal Korea Selatan yang dielu-elukan lewat kegigihannya di Manchester United. Kini terdapat para penerusnya yang bisa menunjukkan bahwa pemain Asia pun bisa bersaing dengan ketatnya kompetisi Eropa.

Bahkan beberapa pemain sukses menjadi sosok utama dari baiknya performa tim. Tak jarang pemain Asia kini berkontribusi nyata dengan mencetak banyak gol serta membukukan assists. Son Heung-Min menjadi salah satu yang begitu bersinar selama beberapa tahun ke belakang.

Dengan kiprah baiknya di Eropa, beberapa pemain Asia pun telah berhasil menembus nilai market value yang tinggi. Tercatat sekiranya ada 10 pemain yang bernilai dari 10 juta euro hingga lebih.

Lantas siapa saja pemain Asia yang kini memiliki market value yang tinggi? Berikut di antaranya:

1 dari 5

10. Mehdi Taremi (10 juta euro)

Mehdi Taremi merupakan pemain asal Iran yang kini baru saja bergabung dengan Porto. Pemain yang diangkut Porto ini musim lalu mampu tampil memukau bersama Rio Ave. Taremi berhasil mencatatkan 37 penampilan di semua kompetisi dengan raihan gol sebanyak 21 dan lima assists.

Striker setinggi 1,87 meter ini juga merupakan andalan di timnas Iran. Total dirinya memiliki 35 caps bersama timnas dan mencetak 15 gol. Performa baiknya tersebut yang akhirnya membuat nilai jualnya kini melambung tinggi mencapai 10 juta euro.

2 dari 5

9. Takumi Minamino (10 juta euro)

9. Takumi Minamino (10 juta euro)
Aksi Takumi Minamino pada duel Lincoln City vs Liverpool, putaran ketiga Carabao Cup 2020/21. © AP Photo

Liverpool kini memiliki pemain serbabisa dalam diri Takumi Minamino. The Reds pun nampaknya menjadi klub yang beruntung karena bisa menebus Minamino hanya dengan harga 8,5 juta euro.

Sebelumnya Minamino tampil produktif bersama RB Salzburg dengan mencatatkan 64 gol serta 44 assists dari 199 penampilan. Hal yang membuat market value dari Minamino kini berada diharga 10 juta euro.

Minamino pun terlihat lebih telah percaya diri di musim penuh pertamanya bersama Liverpool.

Minamino telah diturunkan sejak awal di Carabao Cup dan Community Shield di awal musim. Total pemain asal Jepang ini telah bermain sebanyak enam kali dengan tiga gol dan satu assists di semua kompetisi Liverpool.

3 dari 5

8. Shoya Nakajima (12 juta euro)

Satu lagi pemain Porto yang berasal dari zona Asia adalah Shoya Nakajima. Pemain bernomor punggung 10 yang beroperasi sebagai winger ini belum banyak mendapatkan kesempatan bermain di Porto.

Musim lalu di Primeira Liga Portugal, Shoya Nakajima hanya tampil 16 yang banyak dimulai dari bangku cadangan. Berbeda dengan keberadaannya di timnas, Nakajima merupakan andalan untuk Jepang. Total dia telah memiliki 19 caps dan lima gol untuk timnas Jepang.

4 dari 5

7. Daichi Kamada (12 juta euro)

7. Daichi Kamada (12 juta euro)
Gelandang serang Eintracht Frankfurt, Daichi Kamada © AP Photo

Jepang memang menjadi salah satu penerbit pesepak bola terbaik di Asia. Satu lagi pemain Jepang yang memiliki nilai pasar tinggi adalah Daichi Kamada yang kini membela Eintraht Frankurt.

Pemain berposisi gelandang serang ini sejak musim lalu mampu menjadi bagian dari skuad utama Frankurt. Musim lalu dia diturunkan sebanyak 28 kali di Bundesliga dengan akurasi umpan mencapai 80 persen per pertandingannya.

Kamada juga turut memberikan dua gol dan empat assists untuk Frankurt. Performa bagusnya terus berlanjut di Bundesliga musim ini, Kamada telah mencatatkan tiga kali penampilan dengan satu gol dan dua assists.

Performanya tersebut yang kini membuatnya memiliki market value sebesar 12 juta euro.

5 dari 5

6. Hwang Hee-chan (15 juta euro)

6. Hwang Hee-chan (15 juta euro)
Penyerang timnas Korea Selatan, Hwang Hee-chan, kini membela RB Leipzig pada musim 2020/2021 © RB Leipzig

Satu lagi pemain yang dimatangkan RB Salzburg dari Asia adalah Hee-chan Hwang. Striker asal Korea Selatan ini selama 126 kali penampilannya berhasil mencetak 45 gol dan 29 assists. Hal yang kemudian membuatnya ditarik RB Leipzig dengan mahar 9 juta euro.

RB Leipzig termasuk beruntung karena mendapatkan pengganti Timo Werner dengan harga yang murah. Kini market value dari Hee-chan Hwang pun meningkat sampai 15 juta euro.

Hee-chan Hwang kemudian langsung menarik hati penggemar ketika berhasil mencatatkan satu gol dan satu assist di laga debutnya.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)