FOLLOW US:


Wasit Indonesia Lakoni Debut di Piala Dunia Basket FIBA

01-09-2019 20:26

 | Yaumil Azis

Wasit Indonesia Lakoni Debut di Piala Dunia Basket FIBA
Harja Jaladri (kanan). © Fitri Apriyani

Bola.net - Wasit basket asal Indonesia, Harja Jaladri telah menjalani debutnya di Piala Dunia Basket FIBA 2019 yang berlangsung di Beijing, Cina. Dia dipercaya memimpin pertandingan pertama babak penyisihan Grup A antara tuan rumah melawan Pantai Gading, Sabtu (31/8).

Adapun, Piala Dunia Basket FIBA diikuti oleh 32 negara. Event tersebut bakal berlangsung hingga 15 September mendatang.

"Suatu kebanggaan bagi bola basket Indonesia. Wasit Indonesia Basketball League (IBL) dipercaya memimpin laga kelas dunia. Hal ini membuktikan bahwa wasit Indonesia memiliki kemampuan," ujar anggota Central Board FIBA yang juga anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Erick Thohir.

Sebagai wasit, Harja memang sudah diakui secara internasional sejak 2005 lalu. Banyak prestasi gemilang yang ditorehkannya, salah satunya terpilih sebagai wakil FIBA Asia mengikuti NBA Summer Camp di Las Vegas, Amerika Serikat.

Kemudian pada tahun lalu, wasit asal Cirebon itu juga terpilih mengikuti kejuaraan dunia Bola Basket Wanita di Spanyol. Selain itu juga dinobatkan menjadi wasit terbaik di Indonesia Basket Ball League 2018/2019.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Bersyukur

Sementara itu, rasa syukur tak dapat dibendung oleh Harja. Pencapaian ini membuatnya semakin termotivasi untuk bisa memimpin pertandingan diajang yang lebih besar.

"Semoga teman-teman wasit Indonesia lain bisa memiliki kesempatan seperti saya, karena kita memang mampu. Doakan, saya bisa memimpin pertandingan dalam Olimpiade Tokyo 2020 nanti,” imbuh Harja.

Sebelum memimpin laga di Piala Dunia Basket FIBA 2019, Harja lebih dulu mendapat program latihan fisik dari FIBA. Dia juga diharuskan untuk melapor hasil dari latihan tersebut secara online kepada FIBA.

(Fitri Apriyani/Bola.net)