FOLLOW US:


10 Pemain Terbaik Dunia dengan Nomor Punggung 11 (Bagian 1)

09-11-2020 12:53

 | Asad Arifin

10 Pemain Terbaik Dunia dengan Nomor Punggung 11 (Bagian 1)
Marco Reus © Bundesliga

Bola.net - Di sepak bola, nomor punggung 10 dan 9 lebih terkenal karena kerap kali dipakai oleh pemain terbaik dunia. Tak hanya kedua nomor tersebut, melainkan masih ada nomor 11 yang sudah menghasilkan banyak pemain terbaik dunia.

Biasanya nomor punggung 11 identik dengan pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap. Namun, ada juga beberapa juru gedor utama yang memakai nomor punggung tersebut dan menjadi yang terbaik.

Didier Drogba bisa menjadi contoh nyata bahwa seorang striker juga bisa menggunakan nomor punggung 11. Saat ini, Drogba adalah pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah Chelsea dengan koleksi 164 golnya.

Tak hanya Drogba saja, tetapi masih ada nama-nama beken seperti Francisco Gento, Romario, Rivaldo, dan Ryan Giggs yang merupakan pemain terbaik dunia yang mengenakan nomor punggung 11.

Selain nama di atas, masih ada nama-nama lainnya yang menggunakan nomor 11 dan dianggap sebagai pemain terbaik dunia. Lantas, siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

10. Angel Di Maria

10. Angel Di Maria
Angel Di Maria dan Neymar pada laga melawan Marseille di pekan ke-3 Ligue 1 2020/2021 yang berakhiri ricuh. © AP Photo

Walaupun sempat menjalani musim yang buruk di Manchester United, Angel Di Maria tetap pantas masuk dalam daftar tersebut berkat kualitas dan kemampuannya. Di Maria adalah salah satu pemain kreatif terbaik di generasinya.

Diboyong Paris Saint-Germain dengan mahar 63 juta euro, Di Maria sudah menjadi pemain penting untuk Les Parisiens. Tercatat, pemain berusia 32 tahun itu sudah membukukan 85 gol dan 95 assist dari 229 penampilannya di semua kompetisi.

2 dari 5

9. Gareth Bale

9. Gareth Bale
Gareth Bale, Wales © AP Photo

Gemilang bersama Tottenham Hotspur, membuat Real Madrid rela memecahkan rekor transfer dunia dengan mahar 101 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Gareth Bale pada tahun 2013.

Di awal kedatangannya, Bale langsung diberi nomor punggung 11 dan akan memakai nomor yang sama sepanjang kariernya di Madrid.

Winger asal Wales itu sudah banyak membantu Los Blancos meraih gelar bergengsi di Eropa dengan empat gelar Liga Champions yang sudah direngkuh.

3 dari 5

8. Marco Reus

8. Marco Reus
Marco Reus © DFL

Sebelum diterpa beberapa cedera yang terus menghantuinya sampai saat ini, Marco Reus dulunya dianggap sebagai salah satu sayap muda terbaik di dunia. Bukan tanpa alasan, mengingat Reus terus memainkan peran kunci untuk Dortmund dan Timnas Jerman.

Sejak bergabung dengan Dortmund pada tahun 2012, pemain berusia 31 tahun itu sudah membuat 278 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 128 gol serta membuat 83 assist. Saat ini, Reus pun menjabat sebagai kapten Die Borussen.

4 dari 5

7. Miroslav Klose

7. Miroslav Klose
Selebrasi Miroslav Klose usai menjebol gawang Brasil di semifinal Piala Dunia 2014. © AFP

Prestasi Miroslav Klose untuk Timnas Jerman seringkali cenderung mengerdilkan penampilannya di level klub. Pasalnya, Klose adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Der Panzer.

Tak hanya itu saja, Klose juga memegang rekor gol terbanyak di pentas Piala Dunia. Klose mengenakan nomor punggung 11 untuk timnas Jerman selama sebagian besar kariernya dan juga ketika membela Lazio.

5 dari 5

6. Mohamed Salah

6. Mohamed Salah
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak satu gol saat timnya menang 2-1 atas West Ham di pekan ketujuh Premier League 2020/2021 © AP Photo

Sempat dibuang Chelsea dan dipinjamkan ke beberapa klub Serie A seperti Fiorentina dan AS Roma, saat ini Mohamed Salah dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dunia berkat kariernya yang terus menanjak bersama Liverpool.

Salah adalah pemain kunci The Reds dalam memenangkan beberapa gelar bergengsi seperti Liga Champions dan Premier League di bawah komando Jurgen Klopp dan terus menjadi pemain penting bagi klub.

Sumber: Sportskeeda, Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)