FOLLOW US:


Unik! Stadion-Stadion Ini Punya Lebih Dari Satu Nama

16-06-2020 11:57

 | Aga Deta

Unik! Stadion-Stadion Ini Punya Lebih Dari Satu Nama
Duel AC Milan vs Genoa di San Siro, Minggu (08/03/2020). © La Presse via AP Photo

Bola.net - Stadion merupakan tempat untuk menggelar pertandingan sepak bola. Beberapa stadion milik klub besar Eropa ternyata ada yang memiliki nama yang unik.

Di jagad sepak bola dunia, terutama di kawasan Eropa, ada juga beberapa stadion yang punya sebutan lebih dari satu. Hal yang lumrah, terutama jika dikaitkan dengan lokasi dan penamaan khusus dar kalangan fans.

Berikut ini beberapa stadion yang punya lebih dari satu nama :

1 dari 5

Boleyn Ground

Boleyn Ground mempunyai nama lain Uptown Park. Stadion ini dibuka pada tahun 1904 dan sejak itu selalu digunakan West Ham untuk melakoni laga kandangnya.

Namun West Ham sudah tidak menggunakan stadion ini lagi karena pindah ke Olympic Stadium pada pertengahan 2017, dengan durasi kontrak 100 tahun. The Hammers melakoni laga terakhir di Boleyn Ground saat mengalahkan manchester United dengan skor 3-2 dalam lanjutan Premier League (11/5/2016).

2 dari 5

Celtic Park

Celtic Park merupakan stadion sepak bola yang terletak di Skotlandia dan berstatus kandang Celtic FC. Stadion ini memiliki kapasitas 60.411 tempat duduk, sehingga menjadikannya stadion terbesar di negara tersebut.

Celtic Park dibuka pada tahun 1892 dan telah menjadi saksi bisu kesuksesan Celtic meraih berbagai macam gelar. Fans Celtic juga menyebut stadion ini dengan nama Parkhead atau Paradise.

3 dari 5

Giuseppe Meazza

Stadion Giuseppe Meazza juga dikenal dengan nama San Siro. Stadion yang memiliki kapasitas 80.018 penonton ini merupakan satu di antara stadion tertua di Italia dan menjadi kandang dua tim papan atas Serie A: AC. Milan dan Inter Milan.

Nama San Siro diambil dari nama gereja kecil yang terletak di dekat lokasi stadion, dengan kapasitas pertama sebanyak 20 ribu tempat duduk. Penggemar Inter Milan lebih suka menyebut stadion ini sebagai Giuseppe Meazza untuk menghormati sang legenda Nerazzurri tersebut.

4 dari 5

Highbury

Highbury pernah menjadi kandang Arsenal sebelum pindah ke Emirates Stadium. The Gunners cukup lama menggunakan Highbury yakni pada tahun 1913 sampai 2006.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa stadion yang dulunya mempunyai kapasitas 38.419 tempat duduk ini juga bernama Arsenal Stadium. Saat ini Highbury sudah dihancurkan menjadi komplek apartemen.

5 dari 5

Westfalenstadion

Westfalenstadion terletak di Jerman dan merupakan kandang dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Stadion ini berganti nama menjadi Signal Iduna Park pada tahun 2005 karena alasan sponsor.

Stadion ini dibuka pada tahun 1974 dan mempunyai kapasitas 81.264 penonton (berdiri dan duduk) atau 67.000 orang (hanya duduk). Westfalenstadion pernah digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 1974 dan 2006.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Nurfahmi Budi
Published: 15 Juni 2020