FOLLOW US:


Medali Emas Asian Games 2018 Bukti Marcus/Kevin Raja Ganda Asia

29-08-2018 12:15
Medali Emas Asian Games 2018 Bukti Marcus/Kevin Raja Ganda Asia
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya © AFP

Bola.net - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses membuat seisi Istora Senayan bergemuruh usai memenangi laga final bulutangkis ganda putra Asian Games 2018, Selasa (29/8), di mana mereka mengalahkan ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dalam laga All Indonesian Final ini, Marcus/Kevin mengalahkan Fajar/Rian lewat rubber game dengan skor 13-21, 21-18 dan 24-22. Hasil ini pun makin memaparkan bukti bahwa Marcus/Kevin merupakan pasangan ganda putra terbaik di Asia dan bahkan dunia.

Prestasi ini juga membuat Marcus/Kevin mengikuti jejak enam pasangan ganda putra Indonesia sebelumnya, yang berhasil meraih medali emas Asian Games. Sejak bulu tangkis dilombakan pada Asian Games 1962, total Indonesia meraih delapan emas dari 15 penyelenggaraan. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dari negara lainnya.

Medali emas milik Marcus/Kevin juga menjadi emas ke-24 bagi Indonesia di Asian Games 2018 dan yang kedua dari bulutangkis. Secara total, bulu tangkis menyumbang delapan keping medali yang terdiri dari dua emas, dua perak dan empat perunggu.

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (c) Inasgoc/Antara

Emas lainnya direbut Jonatan Christie lewat nomor tunggal putra, sementara perak direbut tim beregu putra dan pasangan ganda putra Fajar/Rian. Empat medali perunggu pun masing-masing diraih tim beregu putri dan pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu; tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, serta pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Medali emas ini juga mempertegas status Marcus/Kevin sebagai ganda terbaik dunia saat ini. Mereka menempati posisi pertama ranking BWF per bulan Agustus 2018 dengan 102.683 poin. Unggul jauh dari posisi runner up yang diisi oleh ganda putra China Li Junhui/Liu Yuchen yang mengoleksi 76.985 poin.

Pasangan yang dijuluki Minions ini merupakan juara All England tahun 2018. Hebatnya lagi, sebelumnya mereka juga mencetak rekor dengan menjuarai enam gelar super series dalam setahun, yakni India Open, Malaysia Open, Japan Open, China Open, Hong Kong Open dan Dubai Super Series Finals.

Perusahaan jasa aplikasi Grab sebagai sponsor resmi Asian Games 2018 memberi dukungan ke atlet-atlet Indonesia lewat program kampanye #CeritaKemenangan dan #KemenanganItuDekat. Kampanye ini mengajak rakyat Indonesia untuk memberikan dukungan kepada putra-putri bangsa yang tengah berlaga di ajang terbesar Asia.

Grab melibatkan tujuh legenda olahraga nasional, Tati Sumirah (bulutangkis), Ellyas Pical (tinju), Nico Thomas (tinju), Pascal Wimar (voli), Abdul Rojak (taekwondo), Sutiono (balap sepeda), dan Alex Pulalo (sepak bola) dalam kegiatan torch relay. Sukses mereka di masa lalu diyakini akan jadi sumber inspirasi bagi atlet-atlet kita.

Kesuksesan yang diraih Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya menjadi sebuah kebanggaan bagi Grab dan juga rakyat Indonesia.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini.

Sumber: Bola.com