Erling Haaland Masuk, Begini Perkiraan Formasi Borussi Dortmund

Asad Arifin | 6 Januari 2020 15:00
Erling Braut Haaland resmi bergabung dengan Borussia Dortmund. (c) Twitter @BVB

Bola.net - Erling Haaland resmi pindah ke Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2020 ini. Lantas, seperti apa wajah Dortmund andai pemain berusia 19 tahun tersebut masuk dalam susunan pemain inti?

Erling Haaland menjadi bidikan banyak klub usai tampil bagus bersama FC Salzburg di musim 2019/2020 ini. Erling Haaland telah mencetak 28 gol di semua kompetisi, hanya dari 26 laga yang dimainkan.

Performa apik Erling Haaland terjadi di Liga Champions. Dia mampu mencetak delapan gol, termasuk satu gol ke gawang Liverpool. Sedangkan, tiga gol dicetak ketika berjumpa Napoli.

Manchester United dan Juventus disebut ingin membeli Erling Haaland. Namun, anak kandung Alf-Inge Haaland, eks pemain Manchester City, memilih pindah ke Dortmund. Harganya pun tidak mahal. 20 juta euro saja.

Berikut perkiraan formasi Dortmund dengan Erling Haaland sebagai pemain inti.

1 dari 2 halaman

1. Formasi 4-2-3-1

Formasi utama yang dipakai pelatih Dortmund, Lucien Favre, selama ini adalah 4-2-3-1. Pada formasi ini, Erling Haaland bisa berperan sebagai penyerang tunggal. Peran yang akan sangat cocok untuk pemain dengan tipe seperti Erling Haaland.

Sebenarnya, Lucien Favre punya Paco Alcacer untuk bermain sebagai penyerang tengah. Hanya saja, pemain asal Spanyol ini acap kali cedera dan harus absen. Erling Haaland bisa menjadi opsi utama.

Dengan Erling Haaland di lini depan, maka peran Marco Reus akan lebih bebas di sektor gelandang serang. Sedangkan, Jadon Sancho dan Thorgan Hazard bisa menjadi pilihan sebagai winger.

Perkiraan formasi Dortmund setelah Erling Haaland bergabung (c) BuildLineUp

2 dari 2 halaman

2. Formasi 3-4-3

Formasi kedua yang sering dipakai Lucien Favre yakni 3-4-3. Formasi ini dipakai untuk memaksimalkan dua bek sayap agresif yang dimiliki Dortmund yakni Achraf Hakimi dan Nico Schulz. Namun, sedikit mengorbankan Marco Reus untuk bermain lebih melebar.

Erling Haaland tentu saja menjadi pemain yang berdiri di posisi penyerang tengah. Dia akan diapit dua pengumpan handal, Marco Reus di kanan dan Jadon Sancho di sisi kiri.

Perkiraan formasi Dortmund setelah Erling Haaland bergabung (c) BuildLineUp

Erling Haaland diyakini akan nyaman dengan formasi ini. Namun, jika merujuk pada skema bermain yang selama ini dipakai FC Salzburg, maka Erling Haaland diprediksi bakal lebih cepat beradaptasi dengan formasi 4-2-3-1.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR