5 Alasan Liverpool Layak Menang atas RB Leipzig

Gia Yuda Pradana | 16 Februari 2021 08:50
Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Juara Liga Champions dua musim lalu, Liverpool, akan memulai perjuangan di fase knock-out kompetisi klub paling elite Eropa lagi. Babak 16 besar Liga Champions 2020/21 dijalani The Reds dengan menghadapi RB Leipzig.

Pertandingan leg pertama akan digelar di tempat netral, Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Sebab, skuad Liverpool tidak boleh masuk Jerman lantaran pembatasan perjalanan warga atau orang yang baru dari Inggris ke Jerman.

Pembatasan disebabkan munculnya varian baru virus corona di Inggris. Maka dari itu, pemerintah Jerman menerapkan blokade buat pejalan dari Inggris.

Agar jadwal tetap bisa dieksekusi, Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) kemudian memindahkan pertandingan ke Budapest. RB Leipzig pun tidak keberatan.

Menghadapi RB Leipzig yang merupakan semifinalis Liga Champions musim kemarin, Liverpool datang membawa banyak modal untuk meraih kemenangan. Dan, rasanya The Reds pantas dijagokan pada pertandingan Rabu (17/2) dini hari nanti, mulai pukul 03.00 WIB.

Apa saja alasan Liverpool bisa membawa kemenangan dari pertandingan di Budapest nanti? Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Berpengalaman

Liverpool (c) Pool Getty via AP Photo

Liverpool jelas lebih berpengalaman dibandingkan RB Leipzig di LIga Champions. Ini bisa dilihat dari torehan jumlah trofi juara. Liverpool sudah enam kali menjadi kampiun, sementara RB Leipizig nihil.

Pengalaman tentu sangat penting untuk bersaing di Liga Champions. Sebab, kompetisi ini tidak hanya bicara soal taktik dan strategi di lapangan.

Lebih dari itu, Liga Champions merupakan ujian dari karakter dan mental suatu tim dalam kejuaraan. Namun, Liverpool tetap harus waspada karena RB Leipzig juga bisa mengejutkan sewaktu-sewaktu.

2 dari 5 halaman

Belum Terkalahkan

Liverpool (c) AP Photo

The Reds dalam lima pertandingan terakhir melawan tim asal Jerman di Liga Champions ternyata tidak terkalahkan. Fakta yang cukup untuk menempatkan Liverpool sebagai unggulan di laga dini hari nanti.

Liverpool terakhir kali kalah dari tim asal Jerman pada April 2002 silam. Lawannya adalah Bayer Leverkusen. Saat itu, The Reds kalah 2-4 di leg pertama babak semifinal.

Selebihnya di lima laga Liverpool tidak kalah. Masing-masing menghadapi Bayer Leverkusen leg kedua pada 2002 itu menang 3-1, lalu Hoffenheim play-off 2017/18 leg pertama 2-1, play-off leg kedua 4-2, kemudian dua kali pertemuan melawan Bayern Munchen di perempat final 2018/19 yang hasilnya 0-0 dan menang 3-1.

3 dari 5 halaman

Saatnya Bangkit

Liverpool (c) AP Photo

Hattrick kekalahan dicatat Liverpool dalam pertandingan Premier League baru-baru ini. Masing-masing dari Brighton & Hove Albion 0-1, Manchester City 1-4, dan Leicester City 1-3.

Kekalahan beruntun itu membuat posisi Liverpool anjlok. Akibatnya, peluang untuk mempertahankan gelar juara Premier League menjadi berat.

Untuk menebus hasil buruk di kompetisi domestik, maka Liga Champions menjadi jawabannya. Pertandingan melawan RB Leipzig harus bisa dimenangi untuk memulihkan kepercayaan diri tim dan fans.

4 dari 5 halaman

Gawang RB Leipzig Mudah Dibobol

RB Leipzig (c) AP Photo

Catatan kurang bagus dimiliki RB Leipzig. Dalam 10 laga terakhir di Liga Champions, gawang mereka hanya bersih dari gol sebanyak tiga kali.

Fakta itu bisa menjadi peluang buat Liverpool untuk menarik gas permainan menyerang lebih dalam. Dengan menerapkan itu, diharapkan peluang untuk mencetak gol terus bertambah.

Dengan dukungan penyerang seperti Mohamed Salah, Sadi Mane, hingga Roberto Firmino, diyakini tidak akan sulit buat Liverpool membobol gawang RB Leipzig.

10 Pertandingan Terakhir RB Leipzig di Liga Champions:

  • Tottenham Hotspur 0-1 RB Leipzig
  • RB Leipzig 3-0 Tottenham Hotspur
  • RB Leipzig 2-1 Atletico Madrid
  • RB Leipzig 0-3 PSG
  • RB Leipzig 2-0 Istanbul Basaksehir
  • Manchester United 5-0 RB Leipzig
  • RB Leipzig 2-1 PSG
  • PSG 1-0 RB Leipzig
  • Istanbul Basaksehir 3-4 RB Leipzig
  • RB Leipzig 3-2 Manchester United.
5 dari 5 halaman

Tokoh Jerman

Jurgen Klopp (c) AP Photo

Jurgen Klopp adalah manajer Liverpool yang berasal dari Jerman. Sama dengan asal RB Leipzig.

Buat Klopp yang sudah khatam dengan sepak bola Jerman, pasti tahu bagaimana cara meredam permainan khas tim Jerman. Klopp dulu lama di Borussia Dortmund.

Faktor Jurgen Klopp merupakan orang Jerman ini tidak boleh dianggap remah. Pengetahuannya terhadap sepak bola Jerman, sangat berguna untuk mengejar kemenangan melawan RB Leipzig.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR