FOLLOW US:


Atletico Madrid vs Chelsea: Giroud Ukir Rekor Saat Peluru Atletico Melempem

24-02-2021 07:29

 | Afdholud Dzikry

Atletico Madrid vs Chelsea: Giroud Ukir Rekor Saat Peluru Atletico Melempem
Olivier Giroud bersama Jorginho usai mengalahkan Atletico Madrid di leg I babak 16 besar Liga Champions, Rabu (24/2/2021) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Chelsea sukses meraih hasil positif saat bertemu Atletico Madrid di leg I babak 16 besar Liga Champions. Bermain di National Arena Stadium, Bucharest, Rabu (24/2/2021), The Blues menang 1-0.

Pada pertandingan tersebut, Chelsea mendominasi pertandingan secara menyeluruh. Berdasarkan catatan dari situs resmi UEFA, tim asuhan Thomas Tuchel mendominasi penguasaan bola hingga 59 persen.

Tak hanya mendominasi permainan, selama permainan tim asuhan Thomas Tuchel juga membuat 684 umpan dengan akurasi umpan 87 persen.

Dengan dominasi seperti itu, Chelsea juga mampu membuat 11 kesempatan membobol gawang lawan dengan 5 di antaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Atletico Madrid justru tak bisa berbuat banyak.

Sepanjang pertandingan, tim asuhan Atletico Madrid tersebut bahkan tak mampu melepas shots on target ke gawang Chelsea.

Chelsea sendiri pada akhirnya keluar sebagai pemenang di leg pertama babak 16 besar Liga Champions lewat gol tunggal Olivier Giroud. Dan berikut adalah catatan dari laga Atletico Madrid vs Chelsea selengkapnya.

1 dari 4

Catatan Statistik dari Laga Atletico vs Chelsea

Catatan Statistik dari Laga Atletico vs Chelsea
Olivier Giroud saat melawan Atletico Madrid di leg I babak 16 besar Liga Champions, Rabu (24/2/2021) dini hari WIB. © AP Photo

Thomas Tuchel menjadi pelatih ketiga Chelsea yang menang di laga pertama Liga CHampions ketika mengambil alih posisi di babak knock out Liga Champions setelah Roberto Di Matteo dan Guus Hiddink.

Atletico Madrid gagal membuat satu shot on target melawan Chelsea. Catatan ini menjadi yang pertama bagi mereka di Liga Champions sejak Maret 2019 ketika melawan Juventus.

Pada babak pertama, Atletico hanya mampu membuat satu tembakan. Catatan terburuk mereka di Liga Champions sejak 2016-2017 ketika menghadapi Real Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions.

Penyerang Chelsea, Olivier Giroud mencetak enam gol di Liga Champions musim ini, catatan terbaiknya dalam satu musim kompetisi di Liga Champions.

Torehan enam gol Giroud membuat namanya kini menyamai torehan Didier Drogba pada musim 2011-2012.

Giroud (34 tahun, 146 hari) menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Liga Champions untuk Chelsea.

Giroud terakhir kali mencetak gol di babak knock out Liga Champions adalah pada Maret 2015 silam bersama Arsenal ketika mereka menang 2-0 di leg kedua 16 besar melawan AS Monaco.

2 dari 4

Statistik Lain dari Laga Atletico vs Chelsea

Statistik Lain dari Laga Atletico vs Chelsea
Olivier Giroud mencetak gol spektakuler ke gawang Bayern Munchen, Rabu (24/2/2021) © Chelsea FC

Kiper Chelsea, Edouard Mendy mencatatkan 5 clean sheets di Liga Champions musim ini, paling banyak dibandingkan kiper lain di Liga Champions.

Kartu kuning yang diterima Mason Mount pada detik 55 menjadi kartu kuning tercepat yang terjadi d Liga Champions musim ini.

Thomas Tuchel (Chelsea dan PSG) menjadi pelatih kedua dalam sejarah Liga Champions yang menangani dua tim berbeda dalam satu musim kompetisi setelah Ronald Koeman pada musim 2007-2008 (PSV dan Valencia).

Chelsea tak pernah tersingkir dari kompetisi Eropa setelah menang di leg pertama pada laga tandang. Menang 12 kali dari 12 kesempatan.

Dalam 7 bentrokan di kompetisi UEFA, Atletico Madrid selalu kalah setelah mereka kalah di leg pertama yang digelar di kandang.

3 dari 4

Reaksi Pemain

Olivier Giroud: Kami datang ke sini dengan niat besar untuk menang, memainkan permainan kami, dan kami tahu bagaimana kami bisa menyebabkan masalah ketika menyerang. Kami kuat di belakang, kami sangat senang dengan kemenangan ini. Kemenangan yang layak. Saya tak tahu apa yang terpikir pada gol itu, saya hanya fokus melakukan salto dan senang itu menjadi gol. Bagus untuk saya dan juga untuk tim.

Koke: Kami akan pergi ke London dengan ide untuk memenangkan permainan. Kami akan bangkit. Ini sulit tapi kami perlu untuk berjuang dan bertarung. Kami tahu kami harus ke London dan menang. Bila kami mencetak dua gol, kami akan melaju.

4 dari 4

Reaksi Pelatih

Reaksi Pelatih
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. © AP Photo

Thomas Tuchel: Kami tahu merek siap segalanya dengan delapan pemain di sekitar kotak penalti. Niatnya adalah tetap menjaga intensitas yang tinggi. Ini adalah apa yang sudah kami lakukan dengan sangat baik. Kami tak membiarkan mereka bernafas atau melakukan serangan balik. Kami mendapatkan penghargaan terbaik dari hasil ini. Ini salah satu tantangan terbesar, membuka pertahanan Atletico.

Diego Simeone: Kedua tim bekerja sangat keras. Ada benar-benar sedikit peluang untuk mencetak gol dan mereka memanfaatkan peluang mereka. Kami solid secara pertahanan, kami bagus dalam transisi.

Sumber: BBC/UEFA