FOLLOW US:


Dua Tahun Lalu, Madrid Tekuk Liverpool dan Raih Gelar Liga Champions ke-13

26-05-2020 23:41

 | Dimas Ardi Prasetya

Dua Tahun Lalu, Madrid Tekuk Liverpool dan Raih Gelar Liga Champions ke-13
Real Madrid, Juara Liga Champions 2017/2018 © UEFA

Bola.net - Real Madrid menghadapi Liverpool di Kiev di final Liga Champions pada 26 Mei 2018 dan mencatatkan sejarah di kompetisi paling elit di Eropa tersebut.

Madrid menapak ke final setelah berhasil mengalahkan tim-tim besar lainnya. Di babak 16 besar mereka menghadapi PSG, kemudian melawan Juventus di babak perempat final dan Bayern Munchen di semifinal.

Cristiano Ronaldo dkk tampak tampil kurang meyakinkan di laga-laga itu. Namun akhirnya mental juara dan pengalaman membantu mereka melewati semua hambatan itu.

Sementara itu Liverpool tampil hebat dengan trio lini serangnya. Tim asuhan Jurgen Klopp itu akhirnya dijagokan untuk bisa meraih kemenangan.

Liverpool dengan rasa optimis yang membuncah, memulai laga dengan apik. Mereka terus menekan pertahanan Madrid di awal-awal laga.

Namun petaka akhirnya terjadi saat laga berjalan 25 menit. Ramos berjibaku dengan Salah. Hasilnya, pemain asal Mesir itu mengalami cedera bahu. Salah sempat mencoba melanjutkan laga namun pada akhirnya ia terpaksa ditarik keluar beberapa menit kemudian.

Dari sini, alur pertandingan berubah. Permainan Liverpool menurun cukup drastis. Hal ini membuat Madrid bisa mengembangkan permainannya.

1 dari 4

Blunder Karius

Blunder Karius
Loris Karius © AFP

Babak pertama berakhir tanpa gol. Namun di babak kedua, Madrid bisa mencetak gol pada menit ke-51. Adalah Karim Benzema yang mencatatkan namanya di papan skor.

Ia memanfaatkan blunder yang dilakukan Loris Karius. Ia teledor saat berusaha melempar bola hingga Benzema bisa membelokkan arah bola ke gawang Liverpool sendiri.

The Reds akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui Sadio Mane pada menit ke-55. Ia meneruskan bola hasil tandukan Dejan Lovren, memanfaatkan sepak pojok James Milner.

2 dari 4

Gol Indah Gareth Bale

Real Madrid kemudian bisa mencetak gol lagi pada menit ke-64. Gol ini dihasilkan oleh Gareth Bale. Winger asal Wales ini baru masuk ke lapangan pada menit ke-61.

Ia masuk menggantikan Isco. Nah, gol yang dicetak oleh Bale ini sangat indah. Ia melakukan tendangan akrobatik setelah mendapatkan umpan dari Marcelo.

Gol Bale ini kemudian disebut sebagai salah satu gol terbaik di pentas Liga Champions. Gol tersebut juga dibanding-bandingkan dengan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus.

3 dari 4

Blunder Kedua Karius

Blunder Kedua Karius
Loris Karius gagal menghalau tembakan Gareth Bale. © AFP

Liverpool terus berusaha membalas. Akan tetapi mereka malah kebobolan lagi, melalui Gareth Bale.

Eks pemain Tottenham ini melepas tendangan keras dari jarak jauh. Akan tetapi bola gagal diantisipasi dengan baik oleh Loris Karius. Ia gagal meninjunya dan bola melesat masuk ke gawang dengan mudah.

Gol ini sendiri mencatatkan rekor tersendiri bagi Bale. Ia jadi pemain pengganti pertama yang bisa mencetak gol di laga final. Ia juga dijadikan Man of the Match.

Real Madrid akhirnya menang dengan skor 3-1. Liverpool pun gagal meraih trofi Liga Champions yang keenam.

4 dari 4

Gelar ke-13 Real Madrid

Gelar ke-13 Real Madrid
Trofi Liga Champions. © AP Photo

Kemenangan ini membuat Real Madrid sukses mengoleksi gelar Liga Champions untuk yang ke-13 kalinya di sepanjang sejarah klub. Mereka menahbiskan statusnya sebagai jawara Eropa.

Trofi itu juga merupakan trofi ketiga yang didapatkan oleh Madrid secara beruntun. Ini membuat mereka mencatatkan sejarah sebagai tim pertama di era Liga Champions yang bisa memenangi trofi tersebut tiga kali beruntun.

“Untuk memenangkan tiga trofi CL dengan klub ini luar biasa. Ini perasaan yang luar biasa, dan kami belum cukup menyadari apa yang telah kami capai," ucap Zinedine Zidane usai pertandingan.

Zidane sendiri mencatatkan prestasi istimewa. Ia jadi pelatih pertama yang bisa meraih tiga gelar juara Liga Champions secara beruntun.

Sementara itu bagi Cristiano Ronaldo, kemenangan ini membuatnya jadi pemain pertama yang mengoleksi lima gelar juara Liga Champions. Ia mengalahkan rekor Clarence Seedorf dan Andres Iniesta.

Laga ini juga menjadi laga terakhir Zinedine Zidane bersama Real Madrid. Sebab ia kemudian memutuskan meninggalkan klub tersebut. Tak lama kemudian, Cristiano Ronaldo juga ikut hengkang dan berlabuh ke Juventus.