FOLLOW US:


Fede Valverde: Bek Kanan Palsu Lawan Barca, Bek Kanan Asli Lawan Liverpool

15-04-2021 05:44

 | Asad Arifin

Fede Valverde: Bek Kanan Palsu Lawan Barca, Bek Kanan Asli Lawan Liverpool
Aksi Federico Valverde (kiri) di laga Liverpool vs Real Madrid, Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Bola.net - Federico Valverde memainkan peran yang tidak biasa saat Real Madrid berjumpa Liverpool. Pemain 22 tahun itu bermain pada posisi bek kanan, padahal posisi aslinya gelandang.

Real Madrid menjalani lawatan ke Anfield pada leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis (15/4/2021) dini hari WIB. Real Madrid sukses mengimbangi Liverpool dengan skor akhir 0-0.

Hasil yang sangat bagus untuk Real Madrid. Sebab, Madrid mampu mempertahankan keunggulan agregat 3-1 yang didapat pada leg pertama. Madrid pun lolos ke babak semifinal Liga Champions 2020/2021.

1 dari 3

Bek Kanan Asli

Real Madrid datang ke Anfield dengan situasi yang genting di lini belakang. Zinedine Zidane tidak bisa memainkan dua bek tengah andalannya, Sergio Ramos dan Raphael Varane.

Namun, bukan hanya mereka yang absen. Zidane juga kehilangan dua bek kanan utamanya, Dani Carvajal dan Lucas Vazquez. Zidane pun tidak punya banyak pilihan pada posisi ini.

Zidane punya Alvaro Odriozola sebagai bek kanan munir. Namun, dia baru memainkan empat laga musim ini. Sangat meragukan. Keputusan penting pun diambil Zidane dengan memainkan Fede Valverde sebagai bek kanan.

Fede Valverde pun tampil bagus sebagai bek kanan dadakan. Dia membuat Sadio Mane tidak berkutik. Valverde juga aktif membantu serangan dan sempat mengirim umpan kunci pada Vinicius Junior.

2 dari 3

Fleksibilitas Fede Valverde

Keputusan Zidane memilih Fede Valverde sebagai bek kanan memang mengejutkan. Namun, jika menilik kiprah pemain asal Uruguay, sejatinya dia memang dikaruniai fleksibilitas yang luar biasa.

Fede Valverde punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya sebagai gelandang. Dia dengan fasih memainkan peran sebagai gelandang bertahan maupun menyerang.

Bahkan, pada musim 2020/2021 ini, Fede Valverde pernah sekali bermain gelandang bek kanan.

Di laga melawan Liverpool, Fede Valverde menjalankan tugas bertahan dengan baik. Dia melakukan delapan intersep, dan tujuh kali menang duel. Fede Valverde juga membuat tiga tekel yang krusial.

3 dari 3

Bek Kanan Palsu Lawan Barcelona

Fede Valverde sejatinya sudah melakukan 'pemanasan' untuk jadi bek kanan saat melawan Barcelona. Pada duel itu, Fede Valverde acap kali turun dan memainkan peran layaknya bek kanan.

Pada laga melawan Barcelona, Zidane memainkan Lucas Vazquez sebagai bek kanan. Namun, saat bertahan, Vazquez akan lebih bergerak ke tengah dan Fede Valverde menjadi bek kelima. Dia beroperasi layaknya bek kanan.

Fede Valverde menjalankan tugas dengan baik. Dia membuat Jordi Alba tidak mendapat banyak ruang. Valverde juga menutup celah di ruang antar lini yang bisa dimanfaatkan Pedri atau Lionel Messi.

Sumber: Squawka