FOLLOW US:


Kenang Momen Pahit, Lionel Messi Jelaskan Penyebab Barcelona Dipermak Liverpool

10-10-2019 12:00

 | Richard Andreas

Kenang Momen Pahit, Lionel Messi Jelaskan Penyebab Barcelona Dipermak Liverpool
Ekspresi kesedihan Lionel Messi saat Barca dihajar Liverpool. © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi mengenang kembali momen pahit ketika Barcelona dihajar Liverpool 0-4 di Liga Champions musim lalu. Messi tahu kekalahan itu akan selalu dikenang sebagai salah satu momen terburuk Barca.

Betapa tidak, Barca berkesempatan menjadi tuan rumah terlebih dahulu dalam duel semifinal berformat dua leg. Blaugrana begitu perkasa di Camp Nou, Liverpool tak berkutik, skor 3-0 sudah cukup membuat Barca jadi unggulan.

Nahasnya, dalam lawatan ke Anfield sepekan kemudian, Barca bertekuk lutut dengan skor 0-4. Pemain-pemain Barca tampak ketakutan sepanjang laga, mereka tidak bermain sebagaimana seharusnya.

Sebagai kapten, Messi tentu sangat menyesali kegagalan Barca. Saat itu Messi tidak banyak berkomentar, kini dia mulai berani membuka diri.

Apa yang sebenarnya terjadi? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Mental Block

Malam buruk di Anfield itu masih menghantui Barca, bahkan sampai saat ini. Messi tidak mau menyalahkan siapa pun, bukan pelatih, bukan klub, hanya para pemain yang sedang menghadapi masalah mental.

Sebab, pada musim sebelumnya, Barcelona menghadapi situasi yang mirip. Mereka mengalahkan AS Roma 4-1 di Camp Nou, tapi takluk 0-3 pada leg kedua. Kenangan inilah yang mengganggu pemain-pemain Barca saat tiba di Anfield.

"Tentang Liverpool, itu kesalahan kami. Laga ini datang setelah insiden Roma. Kami punya masalah mental, sebab kekalahan dari Roma itu mengganggu pikiran kami," buka Messi kepada RAC1 via Express.

"Kami tampil semakin buruk dan semakin buruk, itu bukan kesalahan pelatih."

2 dari 2

Gol Tandang

Ekspresi kesedihan Lionel Messi saat Barca dihajar Liverpool. (c) AP Photo
Ekspresi kesedihan Lionel Messi saat Barca dihajar Liverpool. (c) AP Photo

Lebih lanjut, Messi tahu laga itu istimewa karena Liverpool mendapatkan dukungan masif publik Anfield. Mau tak mau, Barca merasa ciut saat harus bermain di hadapan suporter masif Liverpool.

"Stadion-stadion Inggris sangat membantu tim-tim mereka. Satu saja performa buruk, bahkan jika Anda unggul, Anda bisa tereliminasi," lanjut Messi.

"Sangat penting mencetak gol tandang jika Anda ingin menjuarai Liga Champions. Ketika kami bisa menjuarai Liga Champions, hal itu yang terjadi."

"Jika ingatan saya benar, kami mencetak gol di setiap laga tandang. Yang terpenting dari semua usaha kami, kami selalu mencetak gol," tandasnya.

Sumber: RAC1, Express