FOLLOW US:


Klopp: Liverpool yang Sekarang Tak Bisa Dibandingkan Dengan Musim Lalu

28-05-2019 19:28

 | Jurgen Klopp

Klopp: Liverpool yang Sekarang Tak Bisa Dibandingkan Dengan Musim Lalu
Jurgen Klopp © AFP

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp menegaskan bahwa tim asuhannya sekarang ini sudah jauh berbeda dengan tim yang kalah di final Liga Champions musim lalu dari Real Madrid.

Musim lalu, Liverpool secara cukup mengejutkan masuk ke final Liga Champions. Di partai puncak di Kiev, mereka menantang sang juara bertahan, El Real.

Liverpool sempat membuat start yang bagus. Namun setelah Mohamed Salah ditarik keluar karena cedera, Madrid berada di atas angin.

Situasi menjadi makin sulit bagi Liverpool karena Loris Karius membuat dua blunder fatal di laga itu. Pada akhirnya Madrid berhasil menang telak 3-1.

Kini Liverpool masuk final lagi. Kali ini mereka akan berduel melawan Tottenham. Ada sedikit teka-teki apakah kekalahan tahun lalu itu akan menghantui tim asal Merseyside ini.

1 dari 2

Kecewa


Klopp mengakui bahwa skuat Liverpool terguncang akibat kekalahan tersebut. Mereka semuanya langsung dilanda kesedihan luar biasa dan hal itu terlihat jelas dalam perjalanan pulang kembali ke Inggris.

"Itu berpengaruh besar pada kami," kenang Klopp seperti dilansir Sky Sports.

"Saya ingat situasi itu ketika kami berdiri dalam antrian di bandara di Kiev dalam perjalanan pulang," sambung manajer asal Jerman ini.

"Kami semua mengenakan baju olahraga, kepala tertunduk dan hal-hal seperti itu. Semua orang benar-benar frustrasi dan sangat kecewa dengan situasinya. Anda tidak bisa benar-benar mengerti, Anda tidak boleh marah. Itu adalah banyak emosi yang berbeda," tuturnya.

2 dari 2

Berbeda


Namun demikian, waktu tampaknya telah berhasil memulihkan mental skuat Liverpool. Klopp mengatakan bahwa kekalahan itu membuat timnya berbeda saat ini dibanding musim lalu.

"Rencananya kita datang lagi, kita akan berada di sana lagi. Sekarang kita di sana, itu luar biasa. Itu adalah awal dari pengembangan tim ini, 100 persen," serunya.

"Dari hari pertama di pramusim ketika kita semua bersama-sama, dari hari pertandingan pertama. Itu adalah langkah besar, besar bagi anak-anak. Tim ini tidak dapat dibandingkan dengan tim dari tahun lalu," tegas Klopp.