FOLLOW US:


Manchester City Terancam Sanksi Absen di Liga Champions, Mengapa?

14-05-2019 11:38
Manchester City Terancam Sanksi Absen di Liga Champions, Mengapa?
Skuat Manchester City berpose bersama trofi Premier League. © AP Photo

Bola.net - Manchester City kini sedang dilanda rasa cemas. Pasalnya, mereka kini berada dalam ancaman yang serius. The Citizen kini sedang dalam ancaman hukuman larangan tampil di Liga Champions untuk durasi satu musim.

Manchester City saat ini masih dilanda rasa senang. Akhir pekan lalu, mereka baru saja merayakan gelar juara Premier League musim 2018/19. Gelar ini bakal sangat berkesan. Sebab, mereka dipaksa berjuang hingga pekan terakhir oleh Liverpool.

Pesta yang digelar oleh pasukan Josep Guardiola berpotensi bakal lebih panjang. Sebab, akhir pekan ini, Man City akan menjalani laga final Piala FA melawan Watford. Man City diunggulkan juara pada laga di Wembley tersebut.

Lantas, apa yang membuat Manchester City terancam hukuman larangan tampil di Liga Champions? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Laporan Keungan Tak Beres

Saat ini, UEFA sedang melakukan proses investigasi pada laporan keuangan yang disusun oleh Manchester City. Sebab, ada laporan dari media Jerman [Der Spiegel] terkait beberapa hal yang janggal dalam laporan keuangan The Citizen.

De Spiegel sendiri punya reputasi laporan investigasi yang kredibel. De Spiegel termasuk media yang getol mengungkap kasus pelanggaran pajak yang dilakukan oleh beberapa pemain bintang yang bermain di klub La Liga dalam beberapa tahun terakhir.

Man City dituduh terlibat dalam upaya penggelapan dana senilai 70 juta pounds dari Abu Dhabi United Group.

Dikutip dari The Sun, saat ini para pejabat dari UEFA sedang melakukan pembahasan soal laporan keuangan Man City. Pembahasan sudah dilakukan sejak dua pekan yang lalu. Hasilnya, ada hal yang dinilai 'mencurigakan' pada laporan keuangan Man City.

UEFA telah menunjuk Yves Leterme, yang tidak tidak lain adalah Perdana Menteri Belgia, untuk memimpin Dewan Kontrol yang bertugas melakukan investigasi atas kasus ini. Yves Leterme dan timnya akan bekerja hingga beberapa pekan ke depan.

2 dari 2

Absen dari Liga Champions

Kasus yang dihadapi oleh Manchester City rupanya tidak main-main. Ada ancaman hukuman yang begitu berat sedang mengintai pasukan Josep Guardiola. Jika terbukti bersalah, maka Man City akan dipaksa absen dalam satu edisi Liga Champions.

Jika nantinya tuduhan itu benar dan Manchester City mendapat sanksi dilarang tampil di Liga Champions musim 2019/20, maka ini ini akan jadi berkah bagi Arsenal. Sebab, Arsenal yang akan jadi pengganti posisi Man City.

Arsenal sendiri mengakhiri musim 2018/19 dengan berada di posisi ke-5 klasemen Premier League. Mereka tidak berada di zona tim yang akan lolos ke Liga Champions sebagai wakil klub Premier League.

Namun, kini The Gunners kini punya dua peluang lolos ke Liga Champions. Pertama, mereka harus menjadi juara Liga Europa. Pada laga final, Arsenal akan berjumpa Chelsea. Cara kedua, Arsenal gagal menjadi juara Liga Europa tapi berharap Manchester City mendapat sanksi dari UEFA.