FOLLOW US:


Resmi, Final Liga Champions Manchester City vs Chelsea Digelar di Portugal

13-05-2021 18:37

 | Yaumil Azis

Resmi, Final Liga Champions Manchester City vs Chelsea Digelar di Portugal
Duel Manchester City vs Chelsea, Premier League 2020/21. © AP Photo

Bola.net - Simpang siur tempat digelarnya final Liga Champions antara Manchester City melawan Chelsea akhirnya tuntas. Dua klub raksasa Inggris tersebut dipastikan akan saling bertatap muka di Portugal pada akhir bulan Mei ini.

Perjalanan kedua tim mencapai babak final tidak dilalui dengan mudah. Manchester City harus memaksa raksasa Prancis, PSG, bertekuk lutut dalam duel dua leg dengan agregat 4-1. Dalam beberapa kesempatan, mereka seringkali nyaris kebobolan.

Chelsea sendiri menjalani pertarungan yang lebih sengit dengan juara bertahan La Liga, Real Madrid. Mereka sempat bermain imbang di leg pertama, namun berhasil menjadi pemenang pada pertemuan kedua.

Pertemuan Manchester City dengan Chelsea ini mengulang final All-England yang terakhir kali terjadi pada tahun 2019 lalu. Pada mulanya, kedua tim dijadwalkan bertemu pada akhir bulan Mei di Ataturk Olympique Stadium, Istanbul, Turki.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Dipindah ke Portugal

Simpang siur mengenai tempat bertemunya kedua tim ini pun dimulai. Sebagaimana yang diketahui, Turki masuk dalam daftar destinasi negara terlarang Inggris disebabkan penyebaran virus Covid-19 yang kurang terkendali.

Pemerintah Inggris sempat meminta UEFA menggelar laga final di negaranya. Tapi, setelah melalui diskusi panjang, UEFA pun sepakat kalau pertandingan harus digelar di Portugal. Markas Porto, Estadio Do Dragao, menjadi tempat digelarnya laga.

Kabar baiknya, pertandingan yang digelar pada tanggal 30 Mei tersebut bisa disaksikan secara langsung oleh fans kedua tim. Namun UEFA membatasi jumlah penonton yang boleh hadir di Estadio Do Dragao sebanyak 12 ribu fans saja.

2 dari 2

Pernyataan UEFA

Poin-poin di atas tercantum dalam pernyataan UEFA yang dirilis pada Kamis (13/5/2021) sore WIB. Termasuk soal pembatasan jumlah penonton yang boleh hadir di Estadio Do Dragao.

"UEFA membahas pemindahan pertandingan ke Inggris namun, meskipun ada kerja keras dari Asosiasi Sepak Bola (FA) serta otoritas terkait, tak mungkin untuk mendapatkan pengecualian dari pengaturan karantina Inggris," tulis pernyataan FA.

"Otoritas Portugal dan FPF turun tangan dan bekerja cepat dan mulus dengan UEFA untuk menawarkan tempat yang cocok buat final dan, karena Portugal masuk ke dalam daftar hijau Inggris, fans dan pemain yang menghadiri final tidak perlu dikarantina saat kembali ke rumah."

"Kapasitas stadion untuk laga tersebut akan diselesaikan dan dikonfirmasi pada waktunya sambil bekerja sama dengan pihak Portugal dan FPF. Namun, fans dari tim yang bertanding dapat membeli tiket melalui klub dengan cara biasa, sebanyak enam ribu tiket per klub akan dijual sesegera mungkin mulai hari ini. Pengaturan untuk penjualan tiket ke masyarakat umum dimulai pada 24 Mei 2021," tutup pernyataan tersebut.

(UEFA - via Goal International)